PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGGIRING DAN MENGUMPAN PADA SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN KEC. SUKOREJO KAB. KENDAL TAHUN AJARAN 2012


Rahadi Zuhdanto, 6101406615 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGGIRING DAN MENGUMPAN PADA SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN KEC. SUKOREJO KAB. KENDAL TAHUN AJARAN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGGIRING DAN MENGUMPAN PADA SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN KEC. SUKOREJO KAB. KENDAL TAHUN AJARAN 2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MENGGIRING DAN MENGUMPAN PADA SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBUMEN KEC. SUKOREJO KAB. KENDAL TAHUN AJARAN 2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor yang mendasari dari penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran atau lapangan disekolah terbuat dari paving yang kurang tepat untuk pembelajaran materi sepak bola. (2) Beberapa siswa putri kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran materi sepak bola. (3) Pelajaran yang diberikan belum dikemas dalam bentuk modifikasi sehingga dijumpai siswa putri kurang antusias, bosan, dan malas dalam bergerak. (4) Kurangnya Sarana dan prasarana hanya dijumpai bola sepak 1 buah dan bola futsal 1 buah. Untuk itu dapat ditarik rumusan masalah : Bagaimana hasil pengembangan model pembelajaran teknik dasar permainan sepak bola yaitu menggiring dan mengumpan melalui pendekatan permainan gobak sodor dengan menggunakan bola di SD N 02 Kebumen Kec. Sukorejo Kab. Kendal?. Tujuan dalam penelitian ini untuk membuat variasi pembelajaran pada olahraga permainan sepak bola agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran penjasorkes pada permainan sepak bola melalui pendekatan permainan gobak sodor pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Sukorejo. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa pengembangan model pembelajaran teknik dasar menggiring dan mengumpan pada permainan sepakbola), (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) uji coba lapangan, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (5) revisi produk akhir, revisi produk akhir dilakukan setelah melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 77,3 % (baik), ahli pembelajaran I 86,6 % (baik), ahli pembelajaran II 89,3 % (baik), hasil kuesioner uji coba kelompok kecil rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 90,55 % (sangat baik), dari rata-rata kuesioner uji lapangan didapat rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 87,10 % (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini, di harapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar apabila akan mengajarkan teknik dasar permainan sepak bola untuk menggunakan produk pengembangan model pembelajaran ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan,jasmani dan kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:46
Last Modified: 10 May 2014 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19210

Actions (login required)

View Item View Item