MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG BERGERAK DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN 2012 / 2013


Hendra Saputra, 6101406539 (2013) MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG BERGERAK DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG BERGERAK DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN 2012 / 2013]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG BERGERAK DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN 2012 / 2013)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya menciptakan model pembelajaran baru yang lebih efektif. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk model pembelajaran permainan sepakbola gawang bergerak dalam penjasorkes pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk model pembelajaran permainan sepakbola gawang bergerak dalam penjasorkes pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi model sepakbola kelereng yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa), dan uji lapangan (32 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu dari kedua ahli menyatakan bahwa model pembelajaran permainan sepakbola gawang bergerak sudah masuk dalam kategori penilaian baik. Pada uji coba kelompok kecil 81 % (baik), dan uji coba lapangan 89 % (baik). Dari hasil yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa model permainan sepakbola gawang bergerak ini dapat digunakan bagi siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama untuk menggunakan produk model permainan sepakbola gawang bergerak ini pada siswa dalam pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Permainan Sepakbola Gawang Bergerak
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:48
Last Modified: 10 May 2014 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item