PERBANDINGAN PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN INJEKSI BAHAN BAKAR DAN VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR SOLAR, MINYAK KELAPA DAN MINYAK KEMIRI


Sudik, 5201408003 (2013) PERBANDINGAN PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN INJEKSI BAHAN BAKAR DAN VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR SOLAR, MINYAK KELAPA DAN MINYAK KEMIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN INJEKSI BAHAN BAKAR DAN VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR SOLAR, MINYAK KELAPA DAN MINYAK KEMIRI]
Preview
PDF (PERBANDINGAN PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN INJEKSI BAHAN BAKAR DAN VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR SOLAR, MINYAK KELAPA DAN MINYAK KEMIRI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motor diesel adalah salah satu dari internal combustion engines (mesin pembakaran dalam). Berdasarkan penelitian dan pengalaman motor diesel cenderung lebih rendah polusinya dibanding dengan motor bensin. Umumnya bahan bakar tersebut berasal dari sumber daya alam (SDA) seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh perbedaan tekanan injeksi terhadap besarnya torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) pada motor diesel satu silinder dengan campuran bahan bakar solar, minyak kelapa dan minyak kemiri. Motor diesel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Diesel Engine Test Bed dengan spesifikasi sebagai berikut: Motor Diesel : merk Dong Feng, 4 langkah, 1 silinder, volume 997 cc, 16 bhp/2200 rpm. Generator AC : out put 10 kVA, 3 fase, 400 volt, 10 amper, 1500 rpm. Dinamometer: berupa panel beban terdiri 60 buah lampu masing-masing 100 watt dirangkai dalam 3 fase. Peralatan pendukung : tachometer, stop watch, gelas ukur dan burret, tool set. Obyek utama dalam penelitian ini yaitu motor diesel satu silinder yang mampu menghasilkan torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) pada motor diesel satu silinder. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah campuran perbandingan antara minyak solar dikombinasikan dengan minyak kelapa dan minyak kemiri. Variabel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah unjuk kerja motor diesel yang meliputi besarnya torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) pada motor diesel satu silinder. Data yang diperoleh dari pengujian dan perhitungan menunjukkan ada perbedaan unjuk kerja motor diesel satu silinder yang menggunakan campuran bahan bakar: solar + minyak kemiri, campuran: solar + minyak kelapa, campuran: solar + minyak kemiri + minyak kelapa, dibanding yang hanya menggunakan solar murni. Semakin tinggi konsentrasi minyak nabati didalam campuran, semakin menurun unjuk kerja motor diesel. Minyak kelapa dan minyak kemiri dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk dicampur dengan solar dalam campuran tertentu, untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang relatif sama seperti jika menggunakan solar murni, prosentase minyak kelapa dan minyak kemiri tidak melebihi 15 % karena apabila lebih dari 15 % maka konsumsi bahan bakar akan semakin boros sehingga daya dan torsi akan mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan bakar motor; bahan bakar solar; minyak kelapa;
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:51
Last Modified: 10 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item View Item