PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK CHASIS DAN PEMINDAH DAYA KOMPETENSI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM POWER STEERING


Dickta Aris Octaviyanto, 5201407059 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK CHASIS DAN PEMINDAH DAYA KOMPETENSI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM POWER STEERING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK CHASIS DAN PEMINDAH DAYA KOMPETENSI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM POWER STEERING]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK CHASIS DAN PEMINDAH DAYA KOMPETENSI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM POWER STEERING)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurang layaknya perangkat pembelajaran adalah salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran praktik chasis dan pemindah daya kompetensi pemeliharaan dan perbaikan sistim power steering. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran praktik chasis dan pemindah daya kompetensi pemeliharaan dan perbaikan sistem power steering dan mengetahui bagaimana tanggapan guru dan siswa mengenai perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (define, design, develop ,deseminate). Hasil validasi ahli terhadap RPP adalah 4,2 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi ahli terhadap modul adalah 4,16 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi ahli terhadap job-sheet adalah 4,06 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi ahli terhadap power point adalah 4,13 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata-rata hasil angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan adalah 329,75 dengan kategori respon guru baik terhadap perangkat pembelajaran. Rata-rata hasil angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran adalah 4034,66 dengan kategori respon siswa baik terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan serta respon siswa dan guru baik terhadap perangkat pembelajaran tersebut. Peneliti menyarankan pada penelitian ini agar hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran serta setelah dilakukan revisi dalam tahap pengembangan sebaiknya penelitian ini dapat diteruskan untuk melihat efektifitas perangkat pembelajaran dengan membandingkan dengan perangkat pembelajaran yang sudah biasa digunakan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, pemeliharaan dan perbaikan sistem power steering
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:52
Last Modified: 10 May 2014 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19199

Actions (login required)

View Item View Item