MODEL PENGEMBANGAN “BASKET MINI” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESSISWA BBRSBG (BALAI BESARREHABILITASISOSIAL BINA GRAHITA)“KARTINI”KABUPATEN TEMANGGUNGTAHUN 2012


Gatot Dwi Laksono, 6101408002 (2012) MODEL PENGEMBANGAN “BASKET MINI” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESSISWA BBRSBG (BALAI BESARREHABILITASISOSIAL BINA GRAHITA)“KARTINI”KABUPATEN TEMANGGUNGTAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN “BASKET MINI” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESSISWA BBRSBG (BALAI BESARREHABILITASISOSIAL BINA GRAHITA)“KARTINI”KABUPATEN TEMANGGUNGTAHUN 2012]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN “BASKET MINI” DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESSISWA BBRSBG (BALAI BESARREHABILITASISOSIAL BINA GRAHITA)“KARTINI”KABUPATEN TEMANGGUNGTAHUN 2012)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi di BBRSBG “KARTINI” Temanggung didapatkan hasil bahwa dalam pembelajaran penjas masih jarang memberikan materi tentang bola basketdikarenakan tidak didukung sarana dan prasarana, permainan dan peraturan bola basket yang sulit diterima oleh anak disabilitas intelektual. Untuk itu dapat ditarik rumusan masalah: bagaimana pengembangan permainan Basket Mini bagi siswa BBRSBG “KARTINI” Temanggung yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak normal? Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall. (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjas BBRSBG, serta uji coba skala kecil (10 siswa), dengan menggunakan kuesioner, observasi checklist dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk awal, (5) uji lapangan skala besar (30 siswa),(6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba lapangan skala besar, (7) hasil akhir model permainan “Basket Mini” bagi siswa kelas A BBRSBG “KARTINI” Temanggung yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan skala besar. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian observasi checklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektifsiswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba skala kecil diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 90% (baik), ahli pembelajaran 96,6% (sangat baik), observasi checklist uji coba kelompok kecil 90,25% (sangat baik)dan persentase rata-rata denyut nadi setelah melakukan permainan meningkat menjadi 65,9%. Sedangkan untuk uji lapangan skala besar diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli Penjas 93,4% ( sangat baik), ahli pembelajaran 96,6% (sangat baik) observasi checklist uji coba skala besar 91,4% (sangatbaik) dan persentase rata-rata denyut nadi setelah melakukan permainan meningkat menjadi 70%. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan basket mini ini dapat digunakan bagi siswa kelas A BBRSBG “KARTINI” Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di BBRSBG “KARTINI” Temanggung untuk menggunakan produk model permainan basket mini ini pada siswa kelas A dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Permainan Bola Basket “Basket Mini”.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 19:50
Last Modified: 10 May 2014 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19198

Actions (login required)

View Item View Item