PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGAPIAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 KANDEMAN


Casudi, 5201407056 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGAPIAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 KANDEMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGAPIAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 KANDEMAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGAPIAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 KANDEMAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kandeman tahun ajaran 2011/ 2012 yang pembelajarannya menggunakan media peraga sistem pengapian. Sebelum penelitian dimulai telebih dahulu dibuat media peraga sistem pengapian untuk penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional sebelum dan sesudah menggunakan media peraga sistem pengapian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pre test – post test control group design, yaitu adanya pre test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensionl sebelum dan setelah menggunakan media peraga sistem pengapian. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum menggunakan media peraga sistem pengapian (pre test) sebesar 66,8 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen setelah menggunakan media peraga sistem pengapian (post test) sebesar 84,4, sehingga penggunaan media peraga sistem pengapian telah berjalan dengan baik karena hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan media peraga sistem pengapian. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media peraga sistem pengapian dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kandeman. Persentase peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen diperoleh angka sebesar 26 %, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 11%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media peraga sistem pengapian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:54
Last Modified: 10 May 2014 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19195

Actions (login required)

View Item View Item