PERBANDINGAN UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR ANTARA MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI LIMITER DENGAN MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI UNLIMITER


Dhysa Gitta Prasetya, 5201407031 (2013) PERBANDINGAN UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR ANTARA MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI LIMITER DENGAN MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI UNLIMITER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR ANTARA MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI LIMITER DENGAN MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI UNLIMITER]
Preview
PDF (PERBANDINGAN UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR ANTARA MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI LIMITER DENGAN MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI UNLIMITER)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem pengapian merupakan sistem yang sangat penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk mengatur proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder sesuai waktu yang telah ditentukan. Pada sepeda motor produksi saat ini kebanyakan mempergunakan CDI limiter. CDI limiter adalah CDI yang memiliki batasan dalam memercikan bunga api ke dalam ruang bakar. CDI unlimiter adalah CDI yang yang kerjanya tanpa ada batasan pengapian dan mampu menghasilkan unjuk kerja mesin sampai RPM berapapun tergantung seberapa kuat mesin berputar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar pada motor Honda Megapro 160 cc yang mempergunakan CDI limiter dan unlimiter. Pengujian dilakukan pada mesin motor Honda Megapro 160 cc. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Teknik analisis data mempergunakan teknik analisis deskriptif yaitu mengamati dan mencatat secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dalam bentuk tabel dan polygon. Variabel dalam penelitian ini meliputi daya (hp), torsi (Nm) dan konsumsi bahan bakar (cc/menit) dan variabel kontrol meliputi suhu kerja mesin dan suhu ruangan. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi keluaran sepeda motor dan untuk pengujian konsumsi bahan bakar digunakan alat buret ukur. Pengambilan data dilakukan pada putaran mesin 4000, 6000, dan 8000 rpm. Hasil pengujian menunjukkan adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh kedua CDI. Untuk daya, dan torsi yang dihasilkan CDI unlimiter memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan CDI limiter dan untuk konsumsi bahan bakar CDI unlimiter memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah dibandingkan dengan CDI limiter, yang artinya konsumsi bahan bakar CDI unlimiter lebih irit jika dibandingkan dengan CDI limiter, sehingga dari penelitian yang sudah dilakukan pada motor Honda Megapro 160 cc dapat disimpulkan ternyata ada kenaikan daya dan torsi yang dihasilkan pada motor yang menggunakan CDI unlimiter dan untuk konsumsi bahan bakar terjadi penurunan pada motor yang menggunakan CDI unlimiter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: unjuk kerja, konsumsi bahan bakar dan CDI
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:54
Last Modified: 10 May 2014 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19194

Actions (login required)

View Item View Item