PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV-A SDN WONOSARI 02 SEMARANG

AHMAD ARFAN FAUZI, 1402408130 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV-A SDN WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS CD PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV-A SDN WONOSARI 02 SEMARANG)
Download (6Mb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik, kreatif, bertanggung jawab, cerdas, kritis, dan partisipatif. Hasil refleksi awal dengan kolaborator menunjukkan beberapa permasalahan, yaitu guru belum menerapkan model yang inovatif dan media pembelajaran, sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, selain itu nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 44,74% dengan KKM 62. Rumusan masalah yang diperoleh adalah Apakah melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Wonosari 02 Semarang? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV-A SDN Wonosari 02 Semarang melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A dengan jumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Variabel penelitian ialah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dalam kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 26 dalam kategori baik dan siklus III skor menjadi 29 dalam kategori baik. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 21.67 dalam kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 24,85 dalam kategori baik, dan siklus III menjadi 30,16. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikalnya 57,89%, meningkat menjadi 65,79% pada siklus II, dan menjadi 76,32% pada siklus III. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut yakni pembelajaran melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IV-A SDN Wonosari 02 Semarang. Saran yang dapat peneliti sampaikan ialah model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, oleh karena itu model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, TPS, CD Pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 10 May 2014 08:57
    Last Modified: 10 May 2014 08:57

    Actions (login required)

    View Item