UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN/SERVIS ENGINE DANKOMPONEN-KOMPONENNYA MELALUIMETODE PEMBELAJARANEDUTAINMENT PADA SISWA TINGKAT X SMK NEGERI 4 KENDAL


Taufik Dwi Santoso, 5201407025 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN/SERVIS ENGINE DANKOMPONEN-KOMPONENNYA MELALUIMETODE PEMBELAJARANEDUTAINMENT PADA SISWA TINGKAT X SMK NEGERI 4 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN/SERVIS ENGINE DANKOMPONEN-KOMPONENNYA MELALUIMETODE PEMBELAJARANEDUTAINMENT PADA SISWA TINGKAT X SMK NEGERI 4 KENDAL]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN/SERVIS ENGINE DANKOMPONEN-KOMPONENNYA MELALUIMETODE PEMBELAJARANEDUTAINMENT PADA SISWA TINGKAT X SMK NEGERI 4 KENDAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kompetensi pemeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya, dapat dilakukan dengan cara perbaikan pembelajaran melalui metode pembelajaran. Metode edutainment merupakan penggabungan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Pada metode ini, kompetensi pemeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya dihubungkan pada keadaan yang nyata dan dikaitkan dengan sesuatu yang menarik dan menyenangkan, dengan cara memanfaatkan media Microsoft office powerpoint dan menayangkan video animasi dalam pembelajarannya. Sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa serta tindak mengajar guru kompetensi pemeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya melalui metode pembelajaran edutainment. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelaspada siswa tingkat X SMK Negeri 4 Kendal prodi (TKR) Teknik Kendaraan Ringan pada kompetensi Pemeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya, sebagai subjek penelitian terdiri dari 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan duasiklus dimana tiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan instrument soal tes dan lembar observasi dimana analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa pada siklus I sebesar (48,14%), dan siklus II sebesar (85,18%), hasil belajar siswa yang ditunjukan dari rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar (71,32) dan siklus II sebesar (84,38), ketuntasan secara klaksikal pada siklus I sebesar (47,05%) dan pada siklus II sebesar (76,47%). Simpulan dari penelitian ini bahwa melalui metode pembelajaran edutainment dapat meningkatkanaktivitas siswa sebesar (37,04%), hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai sebesar (13,06) dan ketuntasan secara klaksikal sebesar (29,42%),

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode Pembelajaran Edutainment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:57
Last Modified: 10 May 2014 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19186

Actions (login required)

View Item View Item