PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMILIR 05 CILACAP


Mazaya Nurshabrina, 1402408118 (2012) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMILIR 05 CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMILIR 05 CILACAP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMILIR 05 CILACAP)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD Negeri Gumilir 05 Kabupaten Cilacap masih rendah. Hal ini terjadi karena guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga dalam penyampaian materi pelajaran guru masih mendominasi, dan mengakibatkan siswa pasif. Untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ” Bagaimana upaya guru meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri Gumilir 05 Cilacap?” Berkaitan dengan rumusan tersebut, peneliti akan mendeskripsikan tentang hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta performansi guru setelah menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumilir 05 Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥70) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (≥70). Sedangkan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I yaitu: (1) rata-rata kelas 69,30; (2) ketuntasan belajar secara klasikal 71,50% ; (3) rata-rata aktivitas siswa 73,40%; (4) nilai performansi guru 75,31 dengan kriteria B. Hasil belajar pada siklus II yaitu : (1) rata-rata kelas 75,20; (2) ketuntasan belajar secara klasikal 83,20%; (3) rata-rata aktivitas siswa 79,77%; (4) nilai performansi guru 85,59 dengan kriteria A. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri 05 Cilacap tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Quantum Teaching.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 May 2014 19:58
Last Modified: 10 May 2014 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item