PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 3D DI SMK NEGERI 10 SEMARANG


Muhamad Nur Fajri, 5201407024 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 3D DI SMK NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 3D DI SMK NEGERI 10 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 3D DI SMK NEGERI 10 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Gambar CAD merupakan cara untuk menggambar dibidang rekayasa keteknikan menggunakan software AutoCAD. Pemaparan meteri mengenai sistem gambar CAD masih terdapat kekurangan, modul pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Siswa masih kesulitan dalam memahami materi dan belum sampai 75% dari jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM. sehingga penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran Gambar CAD pada kompetensi dasar “ gambar teknik digambar dengan AutoCAD dengan benar sesuai prosedur” melalui modul pembelajaran AutoCAD 3D yang telah dikembangkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Objek penelititan yaitu siswa kelas tiga SMK Negeri 10 Semarang yang terdiri dari 32 siswa, prodi (TIPK) Teknik Instalasi Permesinan Kapal. Pada mata pelajaran Gambar CAD. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dengan dua (2) siklus dimana tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dimana analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa. Hal ini ditunjukan dari data hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I yang masuk pada kategori cukup baik dan pada siklus II masuk dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukan peningkatam hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes 67,07 dengan jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal =75) 18 siswa atau 56,25% dari 32 siswa. Siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata tes menjadi 79,06 dengan jumlah 25 siswa yang mencapai KKM, dengan ketuntasan belajar 78,13% dari 32 siswa. Atau terjadi peningkatan ketuntasan belajar 38% ( 7 siswa) dari 18 siswa pada sikku I. Hasil tersebut menunujukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar CAD untuk kompetensi dasar “ gambar teknik digambar dengan AutoCAD dengan benar sesuai prosedur” menggunakan modul pembelajaran AutoCAD 3D yang telah dikembangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Modul AutoCAD 3D, Gambar CAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:59
Last Modified: 10 May 2014 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19184

Actions (login required)

View Item View Item