PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHJERUK 02 BANJARHARJO BREBES


Sari Rostika, 1402408107 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHJERUK 02 BANJARHARJO BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHJERUK 02 BANJARHARJO BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUHJERUK 02 BANJARHARJO BREBES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK materi Tari Pendek Bertema, di kelas III SD Negeri Dukuhjeruk 02 Banjarharjo Brebes tahun ajaran 2010/2011 masih rendah. Pembelajaran dengan menerapkan metode role playing dipilih karena dapat mengaktifkan siswa, menumbuhkan minat belajar, mengembangkan sikap kooperatif, melatih kepekaan dan keberanian. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu ”Bagaimana menerapkan metode role playing di kelas III SD Negeri Dukuhjeruk 02 Banjarharjo Brebes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada mata pelajaran SBK materi Tari Pendek Bertema?” Berkaitan dengan rumusan masalah, peneliti akan mendeskripsikan tentang hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta performansi guru setelah menerapkan metode role playing. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri Dukuhjeruk 02 Banjarharjo Brebes tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, di mana terdapat tes performansi setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes performansi untuk hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu: (1) nilai rata-rata kelas ≥ 65, dengan persentase ketuntasan belajar minimal 75%; (2) rata-rata nilai aktivitas belajar siswa ≥ 75%; (3) nilai performansi guru ≥ 71. Berdasarkan analisis data pra siklus, hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 59,11 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 31,25%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68,75 dan persentase ketuntasan belajar 62,50%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 74,22 dan persentase ketuntasan belajar 87,50%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,47 dengan persentase ketuntasan belajar 93,75%. Data non tes pada siklus I, persentase aktivitas belajar siklus I mencapai 78,99% dan siklus II meningkat menjadi 80,83%, sedangkan pada siklus III mencapai 85,38%. Nilai performansi guru pada siklus I adalah 91,875 dan siklus II meningkat menjadi 92,375, sedangkan pada siklus III tidak mengalami peningkatan, tetap pada nilai 92,375. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Dukuhjeruk 02 Banjarharjo Brebes melalui penerapan metode role playing pada mata pelajaran SBK materi Tari Pendek Bertema.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tari Pendek Bertema, Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Role Playing.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 May 2014 12:59
Last Modified: 10 May 2014 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

View Item View Item