PENGGUNAAN MEDIA PERAGA METODE INJEKSI BAHAN BAKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) PADA MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF


Hendra Suprayogi, 5201407016 (2012) PENGGUNAAN MEDIA PERAGA METODE INJEKSI BAHAN BAKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) PADA MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA PERAGA METODE INJEKSI BAHAN BAKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) PADA MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA PERAGA METODE INJEKSI BAHAN BAKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) PADA MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuanpenelitian ini adalah (1) Untuk mengetahuiapakah media peraga metode injeksi bahan bakar sistem bahan bakar pada sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami prinsip kerja sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection) (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang didapat dalam pembelajaran setelah menggunakan media peraga metode injeksi bahan bakar pada sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Pretest - posttest control group design.Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi.Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Panca Bhakti Kab. Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 246 siswa yang terbagi dalam 6 kelas.Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling, dan diperoleh kelas XI TMO 5 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI TMO 1 sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji t test. Berdasarkan analisis data didapat bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran sistem bahan bakar EFI(Electronic Fuel Injection) antara kelaseksperimen dengan kelas kontrol. Kemampuan awal siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dicari melalui pre test. Kelas eksperimen memiliki rata-rata pre test sebesar 46,55 dan rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 47,44. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan awal dari masing-masing kelas terlihat sama.Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dicari melalui post tes dan didapatkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,71 dan kelas kontrol sebesar 76,59. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media peraga metode injeksi bahan bakar pada sistem EFI(Electronic Fuel Injection) dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sistem bahan bakar EFI(Electronic Fuel Injection), dan peningkatan hasil belajar yang terjadi pada kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol yaitu sebesar 17%. Saran dari peneliti yaitu agar gurumenggunakan media peragapada saat pembelajaran, untuk meningkatkan prestasi belajar, dan guru harus lebih aktif lagi dalam mencari media pembelajaran yang sesuai untuk menunjang proses pembelajaran sehingga meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media peraga, Materi sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 13:00
Last Modified: 10 May 2014 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19180

Actions (login required)

View Item View Item