PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG


ULFA DEWI RAHMAWATI, 1402408116 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran yang menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Berdasarkan observasi awal di SDN Mangkangkulon 01 kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas V diantaranya guru jarang menggunakan metode pembelajaran inovatif. Pembelajaran yang demikian menyebabkan aktivitas siswa kurang terlihat sehingga hasil belajar siswa kurang masksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual pada kegiatan pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang pada mata pelajaran IPS?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa IPS melalui model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual pada kegiatan pembelajaran IPS di kelas V SDN Mangkangkulon 01 kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual yang diterapkan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS melalui model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I 72,2% kategori baik dan siklus II menjadi 86,11% kategori sangat baik pada siklus III menjadi 88,88% kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I dengan 60,01% kategori baik siklus II menjadi 71,4% kategoti baik serta siklus III menjadi 83,16% kategori baik. (3) Ketuntasan belajar siswa pada awal 33,33% siswa tuntas belajar dan setelah dilaksanakan tindakan penelitian pada siklus I 63,33% kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 80% kategoti baik siklus III menjadi 86,66% dengan kategori sangat baik. Ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75% telah terpenuhi sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual pada siswa SDN mangkangkulon 01 kota Semarang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah model Contextual Teaching and Learning dengan media Visual dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, model Contextual Teaching and Learning, Media Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 May 2014 13:00
Last Modified: 10 May 2014 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19179

Actions (login required)

View Item View Item