PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CIPAKU MREBET PURBALINGGA


Rini Meita Indrawati, 1402408112 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CIPAKU MREBET PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CIPAKU MREBET PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CIPAKU MREBET PURBALINGGA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V SD Negeri 4 Cipaku Mrebet Purbalingga tahun pelajaran 2010/2011. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar tersebut disebabkan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru, penggunaan metode yang kurang inovatif, dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Guru hanya menyuruh siswa untuk menghafal fakta-fakta sejarah tanpa memperhatikan pemahaman siswa terhadap materi. Pembelajaran melalui metode bermain peran dipilih karena cocok diterapkan pada materi tentang kejadian pada masa lalu seperti materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Melalui metode bermain peran, siswa dapat mengonstruksi kembali peristiwa sekitar proklamasi dengan menjadi salah satu tokoh pahlawan, sehingga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih memahami materi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas V SD Negeri 4 Cipaku Mrebet Purbalingga pada materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dengan menggunakan metode bermain peran. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 4 Cipaku Mrebet Purbalingga, dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa lakilaki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes (observasi). Indikator keberhasilannya, yaitu rata-rata nilai ≥ 65, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75%, persentase aktivitas belajar siswa ≥ 75%, dan nilai akhir performansi guru minimal 71. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai akhir performansi guru 82,66, rata-rata nilai 78,93, ketuntasan belajar klasikal 85,71%, dan persentase aktivitas belajar siswa 68,56% dengan kriteria tinggi. Sementara pada siklus II nilai akhir performansi guru 89,23, rata-rata nilai 80,24, ketuntasan belajar klasikal 92,86%, dan persentase aktivitas belajar siswa 77,89% dengan kriteria sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas V SD Negeri 4 Cipaku Mrebet Purbalingga pada materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Untuk itu, metode bermain peran dapat dijadikan alternatif metode dalam pembelajaran IPS dengan tetap memperhatikan karakteristik materi dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, dan Metode Bermain Peran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 May 2014 13:01
Last Modified: 10 May 2014 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

View Item View Item