PENINGKATAN PEMAHAMAN TROUBLESHOOTING KELISTRIKAN ENGINE PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM-FI) MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA KELISTRIKAN ENGINE DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS


MURYANTO, 5201406552 (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN TROUBLESHOOTING KELISTRIKAN ENGINE PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM-FI) MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA KELISTRIKAN ENGINE DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMAHAMAN TROUBLESHOOTING KELISTRIKAN ENGINE PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM-FI) MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA KELISTRIKAN ENGINE DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMAHAMAN TROUBLESHOOTING KELISTRIKAN ENGINE PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM-FI) MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA KELISTRIKAN ENGINE DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Alat peraga disebut juga audio visual, dari pengertian alat yang yang dapat diserap oleh mata dan telinga. Alat tersebut berguna agar bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru lebih mudah dipahami oleh siswa. Istilah ini menunjukkan segala sesuatu yang dapat dipakai untuk memperjelas konsep. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah tentang peningkatan hasil belajar troubleshooting kelistrikan engine Programmed Fuel Injection (Pgm-FI) melalui pembelajaran dengan meggunakan alat peraga kelistrikan engine Pgm-FI bagi siswa SMK Muhammadiyah Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa jika menggunakan alat peraga pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Otomotif Sepeda Motor yang juga mempelajari troubleshooting kelistrikan engine Pgm-FI pada siswa Kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor yang mendapatkan mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Otomotif Sepeda Motor yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Penelitian dilakukan dengan membagi siswa satu kelas menjadi satu kelompok kontrol yang terdiri dari 17 siswa dan satu kelompok eksperimen yang terdiri dari 17 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini ada dua yaitu hasil pembelajaran tanpa alat peraga dan hasil pembelajaran dengan alat peraga dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Sedangkan yang menjadi variabel bebas adalah alat peraga kelistrikan engine Pgm-FI dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitiaan diperoleh, bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan thitung > ttabel yaitu thitung 4,56 dan nilai ttabel sebesar 1,69. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan uji t dan cara deskriptif prosentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar pada tiap kelompok. Hal ini memberikan bukti bahwa pembelajaran dengan menggunaan alat peraga menghasilkan peningkatan nilai post test siswa yang lebih besar. Untuk itu bagi para guru agar menggunakan pembelajaran dengan pemberian alat peraga sebagai alternatif pembelajaran tentang troubleshooting kelistrikan engine Pgm-FI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan pemahaman, troubleshooting, alat peraga kelistrikan engine Programmed Fuel Injection (Pgm-FI).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:31
Last Modified: 12 May 2014 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item