PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TROUBLESHOOTING SISTEM BAHAN BAKAR DENGAN ALAT PERAGA PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM FI) PADA SISWA SMK


Hadi Suntoro, 5201406544 (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TROUBLESHOOTING SISTEM BAHAN BAKAR DENGAN ALAT PERAGA PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM FI) PADA SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TROUBLESHOOTING SISTEM BAHAN BAKAR DENGAN ALAT PERAGA PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM FI) PADA SISWA SMK]
Preview
PDF (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TROUBLESHOOTING SISTEM BAHAN BAKAR DENGAN ALAT PERAGA PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM FI) PADA SISWA SMK)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar troubleshooting sistem bahan bakar sepeda motordengan pembelajaran menggunakan alat peraga pgm fi (programmed fuel injection) pada mata diklat kompetensi kejuruan otomotif sepeda motor. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di ruang kelas XI TSM 2 SMK Muhammadiyah Kudus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 2 tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 31 orang. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan prestasi belajar kompetensi kejuruan otomotif sepeda motor dengan alat peraga pgm fi (programmed fuel injection). Hal ini terlihat pada hasil tes siklus I diperoleh hasil rata-rata 69,67dengan ketuntasan belajar sebesar 55%. Hasil tes siklus II diperoleh hasil rata-rata 80,12 dengan ketuntasan belajar sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga PGM FI (programmed fuel injection), Prestasi Belajar, Troubleshooting Sistem Bahan Bakar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:31
Last Modified: 12 May 2014 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item