PENGARUH WATER INJECTION TERHADAP PERFORMA MESIN TOYOTA STARLET GT TURBO 4E-FTE


Wahyu Prasetyo Wibowo, 5201406007 (2011) PENGARUH WATER INJECTION TERHADAP PERFORMA MESIN TOYOTA STARLET GT TURBO 4E-FTE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH WATER INJECTION TERHADAP PERFORMA MESIN TOYOTA STARLET GT TURBO 4E-FTE]
Preview
PDF (PENGARUH WATER INJECTION TERHADAP PERFORMA MESIN TOYOTA STARLET GT TURBO 4E-FTE)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah kenaikan performa mesin mobil. Peningkatan kendaraan ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakar yang hemat mulai diterapkan pada kendaraan alat transportasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakar yang hemat, juga diharapkan dapat memperoleh daya mesin yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan water injection terhadap torsi, daya dan specific fuel consumption dari mesin Toyota Starlet GT Turbo 4E-FTE. Mesin ini diangkat dari ruang mesin mobil dan dijadikan sebagai stand engine untuk memudahkan penelitian. Metode pengumpulan data diambil dengan cara membandingkan performa mesin dan specific fuel consumption mesin Toyota Starlet GT Turbo 4EFTE standar dengan mesin menggunakan metode water injection dengan variasi putaran mesin 800 rpm, 1200 rpm, 1600 rpm dan variasi tekanan water injector 4 Psi, 5 Psi, 6 Psi.. Pengujian dilakukan sebanyak enam kali, tiga kali pengujian tanpa water injection pada putaran 800 rpm dihasilkan torsi 22.52 Nm, daya 2.60 hp, sfc 1.32 kg/hp.jam, dan tiga kali pengujian menggunakan water injection pada putaran 800 rpm dengan tekanan water injector 4 Psi dihasilkan torsi 20.07 Nm, daya 2.26 hp, sfc 0.84 kg/hp.jam. Hasil penelitian didapat bahwa dengan menggunakan metode water injection terbukti dapat menaikkan performa mesin. Specific fuel consumption terjadi penurunan, pada tekanan 5 Psi dengan putaran 1600 rpm dihasilkan torsi sebesar 42.89 Nm, daya 9.74 hp, sfc 0.25 kg/hp.jam. Tekanan water injector 4 Psi dan 6 Psi jauh lebih menurun disebabkan oleh jumlah volume air yang masuk ke dalam intake manifold sedikit sehingga campuran bahan bakar, udara dan air yang masuk ke dalam ruang bakar tidak maksimal, diharapkan untuk memodifikasi peningkatan performa mesin dengan memakai alat water injector diatur variasi tekanan pompa air pada tekanan 5 Psi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: performa mesin, metode water injection, 4E-FTE
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:32
Last Modified: 12 May 2014 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19169

Actions (login required)

View Item View Item