PENERAPAN METODE EXAMPLES DAN NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Brebes Tahun Ajaran 2012/2013)


Moh. Luthfie Ardian, 7101408257 (2013) PENERAPAN METODE EXAMPLES DAN NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Brebes Tahun Ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE EXAMPLES DAN NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bre]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE EXAMPLES DAN NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bre)
Download (780kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran adalah mata pelajaran wajib yang harus ditempuh siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Brebes. Pembelajaran ini berlangsung secara konvensional, oleh karena itu siswa merasa bosan dan lelah sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang optimal. Salah satu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti memberikan stimulus berupa pembelajaran menggunakan metode examples dan non examples. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes sejumlah 40 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kinerja guru, keaktifan siswa, serta soal evaluasi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan penelitian diperoleh skor pengamatan kinerja guru dikategorikan baik. Hal tersebut terlihat pada siklus I yaitu 59,37% dan pada siklus II menjadi 78,1%. Sedangkan pada aktifitas siswa mengalami kenaikan dari siklus I yaitu 58,3% dengan kategori cukup lalu pada siklus II menjadi 75%. Aktifitas siswa pada siklus II ini mengalami peningkatan sehingga masuk dalam kategori baik karena termasuk dalam rentang skor 62,49% - 81,24%. Peningkatan aktifitas belajar siswa ini tidak lepas dari refleksi hasil aktifitas belajar siswa pada siklus I. Hasil dari refleksi pada siklus I juga mempengaruhi peningkatan hasil tes pada siklus II. Terbukti dari ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 67% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini terbukti bahwa hasil pengamatan kinerja guru dan aktifitas siswa dengan menerapkan metode examples dan non examples pada materi sarana dan fasilitas kerja perkantoran mengalami peningkatan secara konsisten yang diikuti peningkatan hasil belajar. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu guru diharapkan lebih variasi dalam menggunakan metode pembelajaran. Siswa juga diharapkan lebih aktif dalam proses belajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Examples dan Non Examples, Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran, Peningkatan Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:32
Last Modified: 12 May 2014 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19167

Actions (login required)

View Item View Item