PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT DAMPAK DARI KEBIJAKAN PARKIR TERPUSAT DI TITIK PARKIR SISI SELATAN LAPANGAN ATLETIK FIK (Studi Kasus: Jalan Cempakasari, Sekaran, Gunung Pati, Semarang)

Armin Bagus Prakuso, 5101409107 (2013) PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT DAMPAK DARI KEBIJAKAN PARKIR TERPUSAT DI TITIK PARKIR SISI SELATAN LAPANGAN ATLETIK FIK (Studi Kasus: Jalan Cempakasari, Sekaran, Gunung Pati, Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT DAMPAK DARI KEBIJAKAN PARKIR TERPUSAT DI TITIK PARKIR SISI SELATAN LAPANGAN ATLETIK FIK (Studi Kasus: Jalan Cempakasari, Sekaran, Gunung Pati, Semarang))
Download (3144Kb)

    Abstract

    Universitas Negeri Semarang telah menerapkan kebijakan parkir terpusat, salah satunya di titik parkir sisi Selatan lapangan atletik FIK. Kebijakan tersebut menimbulkan kepadatan arus lalu lintas kendaraan di jalan Cempakasari dikarenakan akses jalan yang mungkin digunakan menuju titik parkir tersebut adalah Jalan Cempakasari yang berada di area pemukiman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat dan dampak bagi masyarakat berdasarkan pengakuan dari masyarakat. Metode yang dilakukan adalah survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif , yaitu penginderaan mengenai situasi atau kejadian-kejadian. Penelitian deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai persepsi masyarakat sekitar jalan Cempakasari terkait dampak dari arus lalu lintas menuju titik parkir di sisi Selatan lapangan atletik FIK melalui jalan Cempakasari. Sedangkan metode survei digunakan untuk memperoleh sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Dampak negatif yang ditimbulkan dari arus lalu lintas kendaraan bermotor di jalan Cempakasari telah mengganggu masyarakat. Akan tetapi arus lalu lintas kendaraan bermotor juga memberikan dampak yang cukup baik bagi masyarakat. Skor hasil analisis dari data angket menunjukan 66,7% asap dari kendaraan bermotor cukup mengganggu masyarakat sekitar jalan Cempakasari, skor sebesar 71,9% menunjukan bahwa suara kendaraan bermotor mengganggu kenyamanan masyarakat, hasil skor sebesar 73,8% menunjukan arus lalu lintas mengganggu keamanan berakitivitas di sekitar jalan Cempakasari, skor sebesar 75,8% menunjukan arus lalu lintas kendaraan bermotor di jalan Cempakasari menimbulkan dampak psikolgis berupa kekhawatiran dan indikasi stress. Akan tetapi menurut pengakuan masyarakat, arus lalu lintas kendaraan bermotor juga menimbulkan dampak psoitif berupa peningkatan pendapatan bagi masyarakat di sekitar jalan Cempakasari, dengan skor nilai hasil analisis jawaban responden mencapai 66,1%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat, dampak arus lalu lintas, kebijakan parkir terpusat
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: IndahTP perpus unnes
    Date Deposited: 12 May 2014 07:33
    Last Modified: 12 May 2014 07:33

    Actions (login required)

    View Item