PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 1 PATI TAHUN AJARAN 2012/2013

Ardha Harya Kusuma, 7101408205 (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 1 PATI TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI 1 PATI TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (4067Kb)

    Abstract

    Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kepemimpinan guru dan disiplin belajar. Kenyataannya masih terdapat siswa yang nilainya dibawah KKM pada mata pelajaran ekonomi yang diperkirakan dipengaruhi oleh kepemimpinan guru dan disiplin belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh kepemimpina guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) adanya pengaruh kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) adanya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Pati berjumlah 141 siswa dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample penelitian ini adalah dengan menggunakan proporsioanl random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 104 siswa yang akan digunakan sebagai sample penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 34,136+0,253X1+0,239X2. Uji F diperoleh Fhitung = 80,823, sehingga H1 diterima. Secara parsial (uji t) kepemimpinan guru (X1) diperoleh thitung = 2,888, sehingga H2 diterima. Variabel disiplin belajar (X2) diperoleh thitung=2,785, sehingga H3 diterima. Secara simultan (R2) kepemimpinan guru dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 60,8% sedangkan sisanya sebesar 39,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan guru dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah perlu adanya variasi penggunaan media pembelajaran sebagai penunjang metode pembelajaran yang digunakan guru agar siswa tidak merasa bosan dan memberikan sanksi bagi siswa yang tidak mentaati tata tertib di sekolah agar siswa lebih disiplin dalam belajar dan lebih mentaati tata tertib yang berlaku di sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Guru, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 12 May 2014 07:36
    Last Modified: 12 May 2014 07:36

    Actions (login required)

    View Item