KONTRIBUSI PELAKSANAAN UNIT PRODUKSI BUSANA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TATA BUSANA DI SMK IBU KARTINI SEMARANG


Sugiarti, 5401408104 (2013) KONTRIBUSI PELAKSANAAN UNIT PRODUKSI BUSANA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TATA BUSANA DI SMK IBU KARTINI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONTRIBUSI PELAKSANAAN UNIT PRODUKSI BUSANA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TATA BUSANA DI SMK IBU KARTINI SEMARANG]
Preview
PDF (KONTRIBUSI PELAKSANAAN UNIT PRODUKSI BUSANA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TATA BUSANA DI SMK IBU KARTINI SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Unit Produksi pada Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu alternatif mendekatkan kesesuaian mutu tamatan SMK dengan kemampuan kerja dan sikap professional, sebagai salah satu sumber belajar yang tepat bagi siswa terutama pada aspek keterampilan. SMK Ibu Kartini, sebagai salah satu SMK yang menyelenggarakan Unit Produksi, khususnya bidang keahlian Tata Busana. Tujuan penelitian adalah untuk (1) mengetahui apakah pelaksanaan Unit Produksi Busana memberi kontribusi terhadap minat berwirausaha pada siswa Tata Busana dan (2) mengetahui seberapa besar kontribusi pelaksanaan Unit Produksi Busana terhadap minat berwirausaha pada siswa Tata Busana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Tata Busana XI sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian tentang Kontribusi Pelaksanaan Unit Produksi Busana dan Minat berwirausaha siswa Tata Busana di SMK Ibu Kartini Semarang, dimana sebanyak 51 responden menyatakan bahwa penilaian terhadap pelaksanaan Unit Produksi busana dengan hasil rata- rata dalam kategori tinggi (68,72%), dan minat berwirausaha siswa tata busana dengan hasil rata- rata dalam kategori tinggi (73,38%). Dimana indikator pelaksanaan mendapatkan hasil persentase tertinggi yaitu (76,60%) sedangkan indikator perencanaan dengan hasil terendah yaitu (64,71%). Faktor ekstrinsik yang tertinggi yaitu faktor percaya diri yaitu (76,60%) sedangkan faktor intrinsik yang terendah yaitu faktor kepemimpinan dengan hasil rata-rata (63,50%). Simpulan penelitian ini 1) Pelaksanaan Unit Produksi busana memberi kontribusi terhadap minat berwirausaha siswa Tata Busana di SMK Ibu Kartini Semarang. 2) Besarnya kontribusi dalam kategori cukup yaitu sebesar 57,35%, dimana pada pelaksanaan Unit Produksi Busana berada pada kategori tinggi serta minat berwirausaha berada pada kategori tinggi tetapi kontribusi pelaksanaan Unit Produksi Busana terhadap minat berwirausaha siswa menunjukan kategori cukup. Keadaan ini menunjukan bahwa salah satu faktor yang dapat memberikan kontribusi terhadap minat berwirausaha adalah pelaksanaan Unit Produksi Busana dan sisanya diduga dipengaruhi juga oleh faktor lain. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu pelaksanaan Unit Produksi memberi kontribusi cukup, dengan hal ini pihak sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan Unit Produksi Busana yang disesuaikan dengan kondisi siswa sehingga mampu memberikan pengetahuan, pengalaman, keterampilan serta menumbuhkan minat siswa untuk berwirausaha secara lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Unit Produksi Busana, Minat, Berwirausaha.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:41
Last Modified: 12 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item