PENGARUH KOMPETENSI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN MASYARAKAT, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Sukari, 7101408187 (2013) PENGARUH KOMPETENSI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN MASYARAKAT, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN MASYARAKAT, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN MASYARAKAT, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern (motivasi) dan ekstern (kompetensi guru,lingkungan keluarga, lingkungan Masyarakat, lingkungan Sekolah). Permasalahan yang dikaji adalah apakah ada pengaruh kompetensi guru, lingkungan keluarga,lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang, apakah ada pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi guru, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh kompetensi guru, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang, mengetahui adanya pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi guru, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 129 siswa. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan sampel penelitian, melainkan meneliti seluruh populasi yang ada. Variabel dalam penelitian ini yaitu endogen meliputi prestasi belajar (Y) dan eksogen meliputi kompetensi guru (X1), lingkungan keluarga (X2), lingkungan masyarakat (X3), lingkungan Sekolah (X4) dan motivasi belajar (X5). Metode pengumpulan data: dokumentasi, angket. Metode analisis data yaitu analisis data dan interpretasi skor, analisis konfirmatori, analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan uji asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers. Hasil penelitian menggunakan analisis SEM menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung (KG→MB) sebesar 22,8%, (LK→MB) sebesar 18,8%, (LM→MB) sebesar 24,4%, (LS→MB) sebesar 26,2%, (MB→PB) sebesar 32,3%, (KG→PB) sebesar 17,3%, (LK→PB) sebesar 21,7%, (LS→PB) sebesar 15,4% dan pengaruh tidak langsung (LK→MB→PB) sebesar 6,07%, (KG→MB→PB) sebesar 7,36%, (LM→MB→PB) sebesar 7,88%, (LS→MB→PB) sebesar 8,46%. Siswa diharapkan senang memecahkan soal-soal yang diberikan guru. Pihak sekolah hendaknya menyediakan fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar. Orang tua untuk mampu meningkatkan kualitas cara mendidik anak dan Guru hendaknya menggunakan metode mengajar bervariasi. Siswa harus mampu membagi waktu antara bermain dan belajar serta beraktifitas dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Lingkungan Sekolah, motivasi, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:41
Last Modified: 12 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19147

Actions (login required)

View Item View Item