PENGARUH PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MENGHITUNG STATIKA BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PATI


Muhammad Irfan Setiadi, 5101409054 (2013) PENGARUH PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MENGHITUNG STATIKA BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MENGHITUNG STATIKA BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PATI]
Preview
PDF (PENGARUH PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN MENGHITUNG STATIKA BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PATI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandangan siswa terhadap mata diklat menghitung statika bangunan sebagai mata pelajaran baru yang paling sulit dipahami masih banyak didapatkan, hal tersebut mengakibatkan pemahaman mata pelajaran menghitung statika bangunan yang belum bisa dikatakan baik. Peneliti akan menghubungkan masalah tersebut dengan mata pelajaran yang bersifat menghitung yang sudah pernah diterima oleh siswa yaitu mata pelajaran matematika dan fisika, dimana kedua mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang didalamnya terdapat pembahasan mengenai masalah perhitungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pemahaman mata pelajaran matematika dan fisika terhadap pemahaman mata pelajaran menghitung statika bangunan pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pati, (2) besarnya konstribusi pemahaman mata pelajaran matematika dan fisika terhadap pemahaman mata pelajaran menghitung statika bangunan pada siswa kelas X MK Negeri 2 Pati. Hasil penelitian: (1) ada pengaruh antara pemahaman mata pelajaran matematika dan fisika terhadap pemahaman mata pelajaran menghitung statika bangunan dengan F hitung = 24,253 > F tabel = 3,124, α (0, 05) (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman mata pelajaran matematika dan fisika terhadap pemahaman mata pelajaran menghitung statika bangunan dengan konstribusi sebesar 41,35 %. Implikasi dari hasil penelitian ini, bahwa dengan meningkatkan belajar dan memberikan tugastugas tambahan dalam mata pelajaran matematika dan mata pelajaran fisika akan membantu meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran menghitung statika bangunan siswa kelas X SMK Negeri 2 Pati, dan juga peran aktif siswa untuk belajar secara mandiri dalam mencari materi mata pelajaran matematika dan mata pelajaran fisika yang berkaitan dan berhubungan dengan mata pelajaran menghitung statika bangunan akan membantu para siswa untuk bisa menagkap atau memahami materi-materi yang ada pada mata pelajaran menghitung statika bangunan untuk lebih mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pemahaman, Matematika, Fisika, Menghitung Statika Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:41
Last Modified: 12 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19145

Actions (login required)

View Item View Item