EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BORDIR PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KENDAL


Wiyatul Fitriani, 5401408102 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BORDIR PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BORDIR PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KENDAL]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BORDIR PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KENDAL)
Download (16MB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 1 Kendal merupakan SMK yang menjadikan mata pelajaran muatan lokal bordir sebagai muatan lokal. Tujuan pemberian muatan lokal bordir supaya siswa mengenal dan paham tentang bordir yang menjadi potensi khas dari Kendal, siswa dapat mengidentifikasi desain atau hiasan bordir, dapat mengoperasikan mesin bordir, dan siswa dapat membordir. Kegiatan belajar muatan lokal bordir diadakan pada hari Rabu dan Sabtu setelah jam pelajaran selesai. Kegiatan pembelajaran muatan lokal bordir dilakukan selama 2 jam pelajaran dan siswa menggunakan mesin bordir secara bergantian. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran bordir bisa dikatakan efektif atau tidak di SMK Negeri 1 Kendal, Untuk mendeskripsikan upaya belajar siswa dan guru yang efektif pada pembelajaran mata pelajaran muatan lokal bordir di SMK Negeri 1 Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran muatan lokal bordir sesuai dengan faktor kondisi internal, kondisi eksternal dan tujuan belajar muatan lokal bordir sudah memenuhi keefektifannya akan tetapi pelaksanaan pembelajaran muatan lokal bordir dapat dikatakan tidak efektif. Upaya belajar siswa dan guru yang efektif pada mata pelajaran muatan lokal bordir supaya mencapai tujuan belajar bordir di SMK Negeri 1 Kendal yaitu: (1) kondisi kelas yang tenang, nyaman dan bersih, (2) sarana belajar yang memadai, (3) waktu belajar dilakukan sesuai dengan kondisi siswa, (4) strategi guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, (5) bersikap disiplin dan mentaati peraturan yang ada di sekolah, (6) hubungan kerjasama antara siswa dan guru serta menjalin keakraban dan kebersamaan. Simpulan dari penelitian ini adalah mata pelajaran muatan lokal bordir sesuai faktor internal dan eksternal dan tujuan belajar muatan lokal bordir sudah memenuhi, akan tetapi pelaksanaan pembelajaran muatan lokal bordir dapat dikatakan tidak efektif. Upaya belajar yang efektif pada mata pelajaran muatan lokal bordir harus dilakukan supaya tercapai tujuan belajar muatan lokal bordir. Saran dari penelitian ini adalah sarana dan fasilitas yang ada di laboratorium busana perlu diperbaiki dan dilengkapi, sekolah harus memperhatikan dan mengadakan Praktek Kerja Lapangan demi berkelanjutannya ilmu bordir yang telah didapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Siswa, Muatan Lokal Bordir SMK Negeri 1 Kendal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:41
Last Modified: 12 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item