PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS UNTUK SISWA KELAS 5 SD 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2012-2013


ABDUL AZIS, 5101409003 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS UNTUK SISWA KELAS 5 SD 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2012-2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS UNTUK SISWA KELAS 5 SD 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2012-2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS UNTUK SISWA KELAS 5 SD 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2012-2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses sosial dimana orang dihadapkan pada lingkungan yang terpilih dan terkontrol.Namun dalam kenyataannya pendidikan bukan hanya sebuah pembelajaran di dalam kelas saja. Akan tetapi juga terjadi di luar lingkungan sekolah. Contoh dalam hal ini adalah dalam berlalu lintas. Banyak sekali kecelakaan di jalan raya yang berdekatan dengan sekolah yang memakan korban murid. Melihat hal tersebut maka pendidikan perlu diaplikasikan di luar sekolah khususnya keselamatan berlalu lintas. Di dalam dunia pendidikan, saat ini pengetahuan keselamatan berlalu lintas memang tidak secara langsung diberikan dalam sebuah mata pelajaran. Kurikulum pendidikan tidak ada secara spesifik memberikan pembelajaran tentang keselamatan lalu lintas. SK-KD yang ada hanya membahas mengenai perundang-undangan berlalu lintas tanpa menjelaskan secara terperinci mengenai keselamatan berlalu lintas dengan banyaknya diantaranya kecelakaan yang terjadi pada murid saat menyeberang. Pengembangan materi tentang keselamatan berlalu lintas untuk anak diharapkan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar yang berupa pengetahuan dan tingkah laku saat berada di dekat lalu lintas. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “bagaimana hasil belajar dari pengembangan perangkat pembelajaran keselamatan berlalu lintas untuk murid kelas 5 SD 1 bae Kudus?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dari pengembangan perangkat pembelajaran keselamatan berlalu lintas untuk kelas 5 SD 1 Bae Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dimana subjek penelitian yaitu kelas 5 SD 1 bae Kudus pada mata pelajaran Pkn. Penelitian ini memberikan sebuah materi tentang lalu lintas yang dikembangkan dengan melihat hasil belajar yang telah didapat murid yaitu pengetahuan dan perilaku. Hasil penelitian, didapat 18 dari 27 murid yang mengikuti tes mendapatkan nilai dengan katagori sangat baik sedangkan sisanya mendapatkan nilai dengan katagori istimewa. Dengan menggunakan tingkat keyakinan 95%, derajat kebebasan (dk) yang besarnya adalah n – 1 yaitu 26. Sehingga didapat dari t tabel dengan dk=26 dan taraf kesalahan (α) ditetapkan 5% yaitu 2,056.sedangkan pada perhitungan t-hitung didapat 1,58. Karena t-hitung < t-tabel (1,58 < 2,056), dengan demikian hipotesis nol (Ho) yang menyatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran keselamatan berlalu lintas dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimum yaitu 85 pada murid kelas 5 SD 1 Bae Kudus tahun ajaran 2012-2013 diterima. Saran yang dapat disampaikan adalah guru hendaknya memberikan murid suatu materi dari hasil pengembangan guru yang berkaitan atau memasukan apa yang ada di lingkungan murid. Sehingga murid mampu mengetahui apa yang telah diberikan oleh guru karena murid melihat, mengetahui dan terlibat dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, keselamatan, Lalu lintas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:41
Last Modified: 12 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item View Item