PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNNES


Haris Abdullah, 5401408092 (2013) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNNES]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNNES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peranan pendidikan sangatlah penting bagi peningkatan sumberdaya manusia (SDM). Dalam upaya mewujudkan SDM yang tangguh harus ditunjang oleh tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional. Sebagai salah satu tenaga pendidik profesional, dosen dituntut untuk menguasai beberapa kompetensi guna menunjang kinerjanya, kompetensi tersebut diantaranya yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didik. Hal ini perlu diteliti karena kedua kompetensi tersebut merupakan kompetensi utama dalam pendidikan yang akan berpengaruh terhadap kinerja dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kinerja dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, 2) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja dosen FT Unnes, 3) pengaruh kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen FT Unnes, 4) pengaruh kompetensi pedagogik dan kepribadian terhadap kinerja dosen FT Unnes, 5) sumbangan relatif kompetensi pedogogik dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen FT Unnes, 6) sumbangan efektif kompetensi pedogogik dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen FT unnes. Variabel bebas penelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian, variabel terikat penelitian ini adalah kinerja dosen Fakultas Teknik Unnes. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang sebanyak 164 dosen dengan sampel penelitian sebanyak 41 dosen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kinerja dosen menggunakan angket terstruktur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif prosentase untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan data yang terkumpul.l, analisis regresi parsial untuk mengetahui pengaruh masing – masing variabel, analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh secara sinergi dari 2 variabel bebas (kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian) terhadap variabel terikat (kinerja dosen), dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif untuk mengetahui besar sumbangan masing-masing variabel. Hasil penelitian 1) kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kinerja dosen dosen Fakultas Teknik Unnes tergolong tinggi yaitu dengan nilai rerata 3,76, 3,74, dan 3,84, 2) kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap kinerja dosen pada signifikansi (α = 5%) dengan p 0,00. Adanya pengaruh tersebut juga diterangkan dari persamaan garis regresi Y= 3,073 + 0,248X1, 3) kompetensi kepribadian berpengaruh terhadap kinerja dosen pada signifikansi (α = 5%) dengan p 0,00. Adanya pengaruh tersebut juga diterangkan dari persamaan garis regresi Y=1,658 +0,015X2, 4) kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian berpengaruh terhadap kinerja dosen pada signifikansi (α = 5%) dengan p 0,00. Adanya pengaruh tersebut juga diterangkan dari persamaan garis regresi Y= 4,217 + 0,199X1 + 0,249X2, 5) sumbangan relatif kompetensi pedagogik sebesar 56% dan kompetensi kepribadian sebesar 44%, 6) sumbangan efektif kompetensi pedagogik sebesar 53,03% dan kompetensi kepribadian sebesar 41,67%. Saran dari penelitian ini adalah 1) bagi dosen FT agar selalu meningkatkan kemampuan dan pemahamanya tentang kompetensi pedagogik serta senantiasa menjaga kompetensi kepribadian, agar kinerja dosen FT yang sudah tinggi semakin meningkat dan selalu lebih baik lagi. 2) secara keseluruhan kinerja dosen FT sudah tergolong tinggi, namun pada indikator tentang pelibatan mahasiswa dalam penelitian perlu ditingkatkan lagi. Sebaiknya dosen lebih mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan penelitian untuk menambah pengetahuan dan pengalaman, dapat mempercepat masa studi, dan meringankan beban mahasiswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kinerja Dosen.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:00
Last Modified: 12 May 2014 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item View Item