PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Muchammad Andri .H, 5101409035 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Menjelaskan Konsep Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar AutoCAD Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan Populasi semua siswa kelas XI semester IV jurusan Gambar Bangunan yang berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data Persepsi siswa dan Minat Belajar Siswa dengan teknik angket dan wawancara dimana pengujian instrumen terlebih dahulu diuji coba kepada siswa kemudian dihitung validitas dan reliabilitas sedangkan data Hasil Belajar AutoCAD diperoleh dari teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa terhadap Hasil Belajar ditunjukkan dengan nilai rx1y (0,830), r2x1y (0,689) dan Nilai t hitung > t tabel (13,984 > 1,98667 ) pada taraf signifikansi 5%. Keterampilan Guru dalam Menjelaskan Konsep memberikan pengaruh Persepsi siswa terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan dengan nilai rx2y (0,907), r2x2y (0,823) dan Nilai t hitung > t tabel (20,208 > 1,98667 ) pada taraf signifikansi 5%. Kemudian variable Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Menjelaskan Konsep Dan Minat Belajar Siswa memberi sumbangan efektif terhadap Terhadap Hasil Belajar AutoCAD Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang sebesar 76,08%. Kesimpulan penelitian ini adalah Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Menjelaskan Konsep Dan Minat Belajar Siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:00
Last Modified: 12 May 2014 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19138

Actions (login required)

View Item View Item