PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KETRAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRANGSONG KENDAL 2012


ARI FRIYANI NURUL FAJRI, 5401408058 (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KETRAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRANGSONG KENDAL 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KETRAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRANGSONG KENDAL 2012]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KETRAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRANGSONG KENDAL 2012)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam pencapaian hasil belajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang bersumber dari diri siswa yang meliputi minat, bakat, ketekunan, keuletan, kesabaran dalam mengatasi masalah atau tantangan yang mungkin timbul. Sasaran faktor eksternal salah satunya adalah tersedianya fasilitas laboraturium kertampilan tata busana. Meskipun siswa memiliki bakat dan kepandaian serta adanya kurikulum dan tenaga pengajar yang bagus namun tanpa adanya fasilitas laboratorium ketrampilan tata busana yang baik dan lengkap untuk menunjang proses belajar mengajar sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan cepat dan efisien. Sampel sebanyak 140 siswa.Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi , Dokumentasi dan Angket. Analisis yang di gunakan adalah deskriptif data dan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa sebesar 84% berada pada kategori sangat tinggi dan fasilitas laboraturium yang dimiliki di SMP Negeri 1 Brangsong Kendal sebesar 81% berada pada kategori baik. Uji F (simultan) hasilnya sebesar 32.291. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan fasilitas laboraturium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012 dan besarnya pengaruh minat belajar dan fasilitas laboratorium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012 sebesar 32%. Saran bagi sekolah yang memiliki sarana dan prasarana praktek yang baik untuk lebih dapat memelihara dan menjaganya dengan baik, bagi guru sebagai sumber informasi tentang hubungan minat belajar dengan fasilitas laboraturium mesin jahit terhadap hasil belajar tata busana di SMP Negeri 1 Brangsong Kendal, bagi akademik dapat dijadikan bekal bagi akademik dalam menerapkan ilmu kependidikan yang telah diperoleh dikemudian hari, bagi ilmu pengetahuan sebagai sumbangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan terutama yang berhubungan dengan hasil belajar tata busana di Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar , Fasilitas Laboratorium Ketrampilan Tata Busana , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:01
Last Modified: 12 May 2014 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item