STUDI TENTANG MINAT MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2009 UNNES PADA DUNIA KERJA ANTARA PROFESI GURU DAN PROFESI DUNIA TEKNIK SIPIL


IFAN FERRY EFENDI, 5101409014 (2013) STUDI TENTANG MINAT MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2009 UNNES PADA DUNIA KERJA ANTARA PROFESI GURU DAN PROFESI DUNIA TEKNIK SIPIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI TENTANG MINAT MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2009 UNNES PADA DUNIA KERJA ANTARA PROFESI GURU DAN PROFESI DUNIA TEKNIK SIPIL]
Preview
PDF (STUDI TENTANG MINAT MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN ANGKATAN 2009 UNNES PADA DUNIA KERJA ANTARA PROFESI GURU DAN PROFESI DUNIA TEKNIK SIPIL)
Download (36MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga dan hasil belajar terhadap minat profesi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2009/2010 yaitu antara profesi guru dan profesi teknik sipil.kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk. jjjjjjjjjjjPenelitian korelatif asosiatif ini menggunakan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan 2009 FT UNNES berjumlah 109 mahasiswa akan tetapi yang masih aktif di kampus dan dapat ditemui hanya 77 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak. Pengujian instrumen terlebih dahulu diuji coba kepada 27 mahasiswa kemudian dihitung validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data lingkungan keluarga yang menunjang profesi guru, pengaruh lingkungan keluarga yang menunjang profesi teknik sipil, minat profesi guru, minat profesi teknik sipil dengan teknik angket, sedangkan data Hasil Belajar MKK dan MKB diperoleh dari teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas.…………...lllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll ddddddHasil penelitian menunjukkan bahwa A) untuk minat profesi guru : (1) lingkungan keluarga yang menunjang profesi guru mempunyai hubungan yang signifikan terhadap minat profesi guru dengan nilai rx1y (0,569), r2x1y (0,323); (2) Hasil belajar MKK memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat profesi guru dengan nilai rx3y (0,541), r2x3y (0,292); (3) Hasil belajar MKB memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat profesi guru dengan nilai rx4y (0,465), r2x4y (0,216); Sumbangan Efektif sebesar 53,6 % B) untuk minat profesi teknik sipil : (1) Lingkungan keluarga yang menunjang profesi teknik sipil memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat profesi teknik sipil dengan nilai rx2y (0,340), r2x2y (0,116); (2) Hasil belajar MKK memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat profesi teknik sipil dengan nilai rx3y (0,645), r2x3y (0,416); (3) Hasil belajar MKB memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat profesi teknik sipil; dengan nilai rx4y (0,601), r2x4y (0,362); Sumbangan Efektif sebesar 62,8 %. Kesimpulan penelitian ini adalah memang benar terbukti bahwa lingkungan keluarga dan hasil belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap minat profesi seorang anak, selain itu dilihat dari Sumbangan Efektif didapat minat profesi teknik sipil > minat profesi guru ini berarti mahasiswa lebih berminat pada profesi teknik sipil daripada profesi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Mahasiswa, Profesi Guru, Profesi Dunia Teknik Sipil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:03
Last Modified: 12 May 2014 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19131

Actions (login required)

View Item View Item