TINGKAT KEPUASAN SISWA TATA BUSANA PADA KECUKUPAN FASILITAS BELAJAR BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 KENDAL


Veni Erviani, 5401408050 (2013) TINGKAT KEPUASAN SISWA TATA BUSANA PADA KECUKUPAN FASILITAS BELAJAR BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT KEPUASAN SISWA TATA BUSANA PADA KECUKUPAN FASILITAS BELAJAR BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 KENDAL]
Preview
PDF (TINGKAT KEPUASAN SISWA TATA BUSANA PADA KECUKUPAN FASILITAS BELAJAR BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 KENDAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Fasilitas belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi belajar, interaksi belajar mengajar akan semakin produktif apabila antar siswa, guru dan materi pelajaran didukung oleh sarana dan prasarana yang memadahi. Proses belajar mengajar di Jurusan Tata Busana merupakan sistem pengajaran teori dan praktik. Fasilitas belajar yang dimaksud adalah ruang kelas yang terdiri 30 buah, ruang laboratorium yang terdiri 4 buah, ruang perpustakaan yang terdiri 1 buah. Dari hal tersebut menjadi latar belakang yang mendasari perlu adanya penelitian tentang tingkat kepuasan siswa tata busana pada kecukupan fasilitas belajar busana butik SMK Negeri 1 Kendal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa tata busana pada kecukupan fasilitas belajar Busana Butik SMK Negeri 1 Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif persentase, dimana hasil penelitian disajikan secara deskripsi dengan angka-angka statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Kendal kelas XI dan XII, sebanyak 148, dengan sampel sebanyak 96 siswa yang didapatkan dari teknik random sample menurut Nomogram Harry King. Variabel yang diteliti variabel tunggal yaitu tingkat kepuasan siswa tata busana pada kecukupan fasilitas belajar busana butik SMK Negeri 1 Kendal seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan. Metode pengumpulan data yang utama menggunakan metode kuesioner (angket), dan didukung dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian dengan analisis diskriptif presentatif menunjukan bahwa jumlah persentase tingkat kepuasan siswa tata busana pada kecukupan fasilitas belajar busana butik SMK Negeri 1 Kendal pada ruang kelas rata-rata sebesar 3.21 sedangkan persentase 80,27% kriteria puas, ruang laboratorium rata-rata 13.39 sedangkan persentase 77.31% kriteria puas, ruang perpustakaan rata-rata 14.74 sedangkan persentase 80.81% kriteria puas. Kesimpulan yaitu tingkat kepuasan siswa tata busana pada kecukupan fasilitas belajar busana butik SMK Negeri 1 Kendal pada ruang perpustakaan dalam kriteria tinggi karena ruang perpustakaan sebagai sumber belajar. Saran fasilitas belajar seperti ruang kelas, ruang laboratorium, ruang perpustakaan supaya ditingkatkan dan diperbaiki guna memperlancar proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Fasilitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:05
Last Modified: 12 May 2014 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item View Item