ANALISIS SEKTOR LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI NILAI PDRB (PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO) ATAS DASAR HARGA BERLAKU DAN KONSTAN TAHUN 2000 KABUPATEN KENDAL PERIODE 1997-2011

Abdul Majid Chusaeni, 4112309023 (2013) ANALISIS SEKTOR LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI NILAI PDRB (PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO) ATAS DASAR HARGA BERLAKU DAN KONSTAN TAHUN 2000 KABUPATEN KENDAL PERIODE 1997-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS SEKTOR LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI NILAI PDRB (PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO) ATAS DASAR HARGA BERLAKU DAN KONSTAN TAHUN 2000 KABUPATEN KENDAL PERIODE 1997-2011)
Download (398Kb)

    Abstract

    Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) didefinisikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam satu wilayah, atau merupakan jumlah seluruh nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam satu wilayah. PDRB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung dengan menggunakan harga pada setiap tahun (harga yang mengalami perubahan sesuai dengan ekonomi yang terjadi), sedangkan PDRB atas dasar harga konstan menunjukan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung dan menggunakan harga pada tahun tertentu sebagai dasar. Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini antara lain: (1) Untuk mengidentifikasi sektor lapangan usaha yang layak untuk dianalisis lebih lanjut; (2) Untuk mengidentifikasi sektor lapangan usaha yang layak untuk dihilangkan (reduksi); (3) Untuk mengetahui sektor lapangan usaha yang masuk dalam model yang telah diperoleh dari analisis; (4) Untuk mengetahui sektor lapangan usaha yang paling tinggi kontribusinya terhadap PDRB atas dasar harga berlaku dan konstan tahun 2000 Kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui metode dokumentasi. Data yang diambil dianalisis secara analisis faktor dengan berbantuan software SPSS 16.0. Banyaknya komoditi yang diamati di Kabupaten Kendal adalah sebanyak 9 sektor lapangan usaha. Sektor lapangan usaha tersebut yaitu sektor pertanian; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; listrik, gas dan air minum; bangunan; perdagangan, hotel dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; lembaga keuangan, persewaan dan perusahaan; jasa-jasa. Dari hasil analisis diperoleh, sektor yang layak untuk dianalisis lebih lanjut adalah kesembilan sektor yang ada. Sektor-sektor tersebut layak untuk dianalisis lebih lanjut karena nilai MSAnya lebih dari 0,5. Kemudian dari kesembilan sektor yang paling dominan mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kendal dapat dipadatkan menjadi satu faktor saja. Sektor yang dihilangkan (direduksi) adalah tidak ada sektor yang dihilangkan. sektor tersebut tidak layak untuk dihilangkan karena nilai MSAnya lebih dari 0,5. Sektor yang paling besar kontribusinya terhadap nilai PDRB atas dasar harga berlaku adalah perdagangan, hotel dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; keuangan, persewaan dan jasa-jasa masing-masing sebesar 0,999, sedangkan untuk nilai PDRB atas dasar harga konstan tahun 2000 adalah perdagangan, hotel dan restoran sebesar 0,998.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Produk Domestik Regional Bruto
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 12 May 2014 09:41
    Last Modified: 12 May 2014 09:41

    Actions (login required)

    View Item