PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (Studi Kasus kelas XI Progam Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013


Bayu Rachman Saputro, 7101408148 (2013) PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (Studi Kasus kelas XI Progam Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (Studi Kasus kelas XI Progam Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA (Studi Kasus kelas XI Progam Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja adalah keseluruhan kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk memberi respon dalam cara tertentu terhadap suatu situasi. Membangun kesiapan kerja bagi siswa SMK merupakan aspek penting dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berhasil dalam pekerjaannya di dunia kerja nantinya. Praktik kerja industri dan penguasaan mata diklat produktif akuntansi merupakan faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh praktik kerja industri dan penguasaan mata diklat produktif akuntansi terhadap kesiapan kerja siswa. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1)Adakah pengaruh pendidikan sistem ganda terhadap kesiapan kerja? (2)Adakah pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja? (3)Adakah pengaruh pendidikan sistem ganda dan penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:(1)Pengaruh pendidikan sistem ganda terhadap kesiapan kerja, (2) pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja, (3) pengaruh pendidikan sistem ganda dan penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran SMK N 9 Semarang berjumlah 110 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 0,24,317 + 0,873X1 + 0,142X2. Uji F diperoleh Fhitung =30,281, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) variabel Kompetensi profesional guru (X1) diperoleh thitung = 7,338, sehungga H1 diterima. Variabel Fasilitas belajar (X2) diperoleh thitung = 2,271, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 34,9%. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendidikan sistem ganda dan penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran terhadap kesiapan kerja baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah diharapkan Pihak sekolah perlu meningkatkan pengawasan kinerja siswa yang sedang melakukan praktek kerja lapangan karena siswa berpendapat bahwa pengerjaan kembali tugas yang tidak maksimal siswa lebih maksimal saat pelajaran di kelas sehingga nilai mata pelajaran produktif administrasi perkantoran akan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran, Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 13:41
Last Modified: 12 May 2014 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item View Item