“FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KELAS X AP SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013”


Ruli Saputro, 7101408144 (2013) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KELAS X AP SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KELAS X AP SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013”]
Preview
PDF (“FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA KELAS X AP SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013”)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi belajar. Minat itu sendiri adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat dalam proses belajar sangatlah penting karena dengan minat siswa lebih terkonsentrasi, menjadikan siswa lebih paham akan materi yang disampaikan sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar dipengaruhi banyak faktor salah satunya yaitu minat. Minat dalam belajar dipengaruhi faktor intern dan ekstern. Oleh karena itu peneliti tertarik mengkaji permasalahan 1. Adakah pengaruh faktor intern dan faktor ekstern secara simultan terhadap minat belajar siswa pada mata diklat memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X AP SMK Antonius Semarang? 2. Adakah pengaruh faktor intern terhadap minat belajar siswa pada mata diklat memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X AP SMK Antonius Semarang? 3. Adakah pengaruh faktor ekstern terhadap minat belajar siswa pada mata diklat memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X AP SMK Antonius Semarang? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang Tahun 2011/2012 sebanyak 57 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan jumlah populasi maka samplingnya sebesar 57 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif persentase dan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa faktor intern dan ekstern yaitu dengan bobot persentase skor 73,83% dan minat belajar dengan bobot persentase skor 73,65%. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh persamaan Y = 10,254 + 0,121 X1 + 0,313 X2 + e. Berdasarkan uji simultan diperoleh Fhitung = 18.657 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh faktor intern dan ekstern secara bersama terhadap minat belajar. Hasil uji parsial diperoleh t1 = 2.007 dengan signifikansi 0,05 = 0,05 yang berarti ada pengaruh faktor intern terhadap minat belajar dan t2 = 4.585 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 ada pengaruh faktor ekstern terhadap minat belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara faktor intern dan ekstern terhadap minat belajar siswa. Dalam penelitian ini dapat disarankan agar siswa dapat selalu mengerjakan semua soal dan tugas yang diberikan guru dengan benar serta kegiatan masyarakat jangan menggangu kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Intern, Faktor Ekstern, Minat Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 13:42
Last Modified: 12 May 2014 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item View Item