“PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI PENGGAMBARAN KONTUR MAHASISWA D3 TEKNIK SIPIL SEMESTER GENAP TAHUN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG”


REZA PRASETYA PAHLEVI, 5101408015 (2013) “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI PENGGAMBARAN KONTUR MAHASISWA D3 TEKNIK SIPIL SEMESTER GENAP TAHUN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI PENGGAMBARAN KONTUR MAHASISWA D3 TEKNIK SIPIL SEMESTER GENAP TAHUN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG”]
Preview
PDF (“PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI PENGGAMBARAN KONTUR MAHASISWA D3 TEKNIK SIPIL SEMESTER GENAP TAHUN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG”)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi selalu melibatkan dua pelaku aktif, yakni dosen dan mahasiswa. Dalam perkuliahan IUT dan Praktik mahasiswa masih kesulitan untuk melaksanakan praktik di lapangan karena penjelasan materi yang sangat terbatas pada saat di dalam kelas. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan media animasi, media animasi ini berisi materi yang dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami dan mengerti materi yang sedang di jelaskan. Permasalahan yang ingin penulis kaji didalam skripsi ini adalah : :”Bagaimana penggunaan media animasi mampu menjelaskan peningkatan hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan pada materi pengukuran situasi dan detail?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa D3 Teknik Sipil pada materi penggambarn kontur setelah dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan media animasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas. Dimana subjek penelitian adalah mahasiswa D3 Teknik Sipil 2013 rombel 1 yang mengambil mata kuliah ilmu ukur tanah dan praktik materi penggambaran kontur. Dengan rincian hasil penelitian nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 53,33, persentase tuntas belajar sebesar 25,75% dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran berkategori cukup baik sebesar 62,50%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,90, dengan persentase tuntas belajar sebesar 100% dan keaktifan mahasiswa 100% berkategori baik. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui pembelajaran menggunkan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa D3 Teknik Sipil 2013 rombel 1 mata kuliah ilmu ukur tanah dan praktik materi penggambaran kontur. Media animasi dapat dijadikan alternatif model pembelajaran di kelas agar pembelajaran berjalan lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Animasi, Hasil Belajar, Penggambaran Kontur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 13:42
Last Modified: 12 May 2014 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item View Item