PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 PURWOREJO

Ahimsa Agung Satmoko, 7101408137 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 PURWOREJO)
Download (2558Kb)

    Abstract

    Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Purworejo secara simultan mapun secara parsial ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis besarnya pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 3 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPS I dengan 34 siswa , kelas XI IPS 2 dengan 33 siswa, kelas XI IPS 3 dengan 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga menggunakan semua populasi untuk penelitian yaitu sebanyak 100 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan diketahui nilai Fhitung sebesar 41,148 dengan signifikansi 0.000. Dari hasil dapat disimpulkan ada pengaruh antara persepsi siswa dan motivasi berprestasi terhadap prestasi siswa secara simultan, atau (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui thitung untuk X1 sebesar 8,232 dengan signifikansi 0.000 dan thitung untuk X2 sebesar 3.050 dengan signifikansi 0.003 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh antara persepsi siswa dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Purworejo secara parsial. Besarnya pengaruh antara variabel X1 terhadap Y secara parsial sebesar 0,641. Besarnya pengaruh antara variabel X2 terhadap Y secara parsial sebesar 0,296. Besarnya pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap Y secara simultan sebesar 0,459 atau 45,9% Saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian hendaknya guru memperhatikan indikator-indikator tersebut dan berupaya untuk lebih meningkatakan keterampilan mengajar, sehingga keberhasilan dalam proses belajar mengajar akan lebih meningkat karena persepsi siswa terhadap guru akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Pada indikator motivasi berprestasi diketahui beberapa siswa kurang termotivasi jika mereka menghadapi tantangan baru. Untuk meningkatkan motivasi siswa hendaknya ada upaya baik secara intern (diri siswa) maupun ekstern (orang tua dan sekolah).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan mengajar guru, motivasi berprestasi, Prestasi Belajar Siswa
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 12 May 2014 09:42
    Last Modified: 12 May 2014 09:42

    Actions (login required)

    View Item