PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBERDAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PATEBON
Adit Azizi Rizal, 7101408136 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBERDAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PATEBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBERDAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PATEBON)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII pada materi mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumberdaya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas belum memuaskan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan yaitu 75. Aktivitas siswa dalam belajar dikelas juga masih kurang, siswa cenderung diam sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP 2 Patebon khususnya pada kelas VIII F yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran inquiry. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 69,72 menjadi 76 pada siklus I dan 84 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 41% menjadi 73% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dan lembar pengamatan guru juga meningkat pada siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran inquiry aktivitas siswa mencapai 70% pada siklus I dan 95 pada siklus II. Sedangkan prosentase peningkatan aktivitas guru yaitu 78,57% pada siklus I menjadi 96,42% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam kelas dengan metode pembelajaran inquiry mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan ketuntasan klasikal siswa juga meningkat kearah yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode pembelajaran inquiry dan dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Inquiry |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2014 13:47 |
Last Modified: | 12 May 2014 13:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19107 |
Actions (login required)
View Item |