PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA DIKLAT AUTOCAD DI SMK NEGERI 3 SEMARANG PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN


Adib Wahyu Hidayat, 5101406007 (2013) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA DIKLAT AUTOCAD DI SMK NEGERI 3 SEMARANG PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA DIKLAT AUTOCAD DI SMK NEGERI 3 SEMARANG PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA DIKLAT AUTOCAD DI SMK NEGERI 3 SEMARANG PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antara siswa dan guru. Selama ini di SMK N 3 Semarang proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional. Dan nilai hasil belajar siswa kurang optimal, untuk mengatasi hal itu diperlukan suatu media pembelajaran yang lebih menarik perhatian dan minat belajar siswa agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Tutor sebaya, melalui metode ini siswa bisa berdialog dan berinteraksi dengan sesama siswa secara terbuka dan interaktif di bawah bimbingan guru sehingga siswa terpacu untuk menguasai bahan ajar yang disajikan. Permasalahan yang ingin penulis kaji didalam skripsi ini adalah : “Bagaimanakah rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode tutor sebaya pada mata diklat AutoCAD?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode tutor sebaya dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata diklat AutoCAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan semester I SMK Negeri 3 Semarang, dimana sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TGB-1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TGB-2 yang berjumlah 31 siswa sebagai siswa kelas kontrol. Pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas eksperimen rata-rata kemampuan awalnya mencapai 60,67 sedangkan pada kelas kontrol mencapai 60,54. Setelah dilakukan pembelajaran pada kelompok ekperimen menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvesional biasa, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok tersebut berbeda. Hal ini ditunjukkan dari hasil post test hasil belajar yaitu kelas kontrol mencapai 81,36 sedangkan untuk kelas eksperimen mencapai 87,33. Ketuntasan belajar pada kelas yang di ajar dengan menggunakan metode tutor sebaya adalah sebesar 90% sedangkan ketuntasan belajar pada kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah sebesar 70%. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa metode tutor sebaya sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, AutoCAD, SMK N 3 Semarang, Program Keahlian Gambar Bangunan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 15:42
Last Modified: 12 May 2014 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item View Item