PENGARUH JUMP SHOOT DIDAHULUI DRIBBLE DAN PASSING TERHADAP HASIL JUMP SHOOT PADA TIM O2SN BOLABASKET PUTRA SMK KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013


Nuvanda Eka Safitri, 6301409081 (2013) PENGARUH JUMP SHOOT DIDAHULUI DRIBBLE DAN PASSING TERHADAP HASIL JUMP SHOOT PADA TIM O2SN BOLABASKET PUTRA SMK KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH JUMP SHOOT DIDAHULUI DRIBBLE DAN PASSING TERHADAP HASIL JUMP SHOOT PADA TIM O2SN BOLABASKET PUTRA SMK KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013]
Preview
PDF (PENGARUH JUMP SHOOT DIDAHULUI DRIBBLE DAN PASSING TERHADAP HASIL JUMP SHOOT PADA TIM O2SN BOLABASKET PUTRA SMK KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Memasukkan bola merupakan tujuan terakhir dari permainan bola basket. Oleh karena itu, shooting merupakan teknik terpenting untuk mencetak angka. Salah satu teknik dasar menembak yang cukup sulit dihalangi adalah jump shoot. Dalam melakukan tembakan jump shoot diperlukan kombinasi dari teknik dasar yang lain yaitu passing dan dribble untuk membawa bola mendekat ke ring dan membuat tembakan jump shoot menjadi lebih efektif. Permasalahan dalam skripsi ini adalah : manakah yang lebih berpengaruh antara jump shoot didahului dribble dan passing terhadap hasil jump shoot pada tim O2SN bola basket putra SMK Kota Pekalongan tahun 2013?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih berpengaruh antara jump shoot didahului dribble dan passing terhadap hasil jump shoot pada tim O2SN bola basket putra SMK Kota Pekalongan tahun 2013. Metode penelitian ini menggunakan metode survey test. Populasi yang diambil adalah pemain tim O2SN bola basket putra SMK Kota Pekalongan tahun 2013. Sampel yang digunakan berjumlah 12 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data tes diperoleh menggunakan instrumen tes tembakan hukuman dari Imam Sodikun yang dimodifikasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai descriptive percentage, membandingkan rata-rata nilai, serta membandingkan variabel menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan jump shoot yang didahului dribble dan passing pada sampel masuk dalam kategori “Kurang”. Diperoleh nilai rata-rata jump shoot yang didahului passing lebih tinggi yaitu 4,58, dibandingkan jump shoot yang didahului dribble yang hanya 3,92. Dari hasil uji paired sample t-test juga menunjukkan korelasi antara kedua variabel sebesar 0,646 dengan signifikansi sebesar 0,023, ini berarti tingkat signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa korelasi antara dua rata-rata jump shoot didahului dribble dan passing adalah signifikan, serta dapat disimpulkan bahwa jump shoot dengan didahului passing lebih berpengaruh terhadap hasil jump shoot pada tim O2SN bolabasket putra SMK Kota Pekalongan tahun 2013. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengajukan saran: 1) bagi pemain, lebih giat dan disiplin dalam berlatih, dalam penguasaan jump shoot terutama, 2) bagi pelatih dan guru olahraga, hasil penelitian ini dapat dijadikan tolak ukur kemampuan jump shoot serta bahan acuan membuat program latihan tahun-tahun kedepan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jump Shoot, Dribble dan Passing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 15:43
Last Modified: 12 May 2014 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item