IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL“THINK-PAIR-SHARE” PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SEMESTA


Ylyas Sopyyev, 4101910001 (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL“THINK-PAIR-SHARE” PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SEMESTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL“THINK-PAIR-SHARE” PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SEMESTA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL“THINK-PAIR-SHARE” PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SEMESTA)
Download (814kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada materi pokok fungsi di SMP Semesta Bilingual Boarding School 80% didominasi oleh guru, siswa duduk mendengarkan atau diskusi, meniru pola-pola yang diberikan guru, mencontoh cara-cara guru, menyelesaikan soal-soal, akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan mengalami kesulitan belajar matematika. Think-pair-share merupakan salah satu alternatif pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun rumusan penelitian ini adalah: 1) apakah hasil belajar siswa kelas IX di SMP Bilingual Boarding School Semesta dengan model pembelajaran Think-Pair-Share maupun pembelajaran ekpsositori pada materi pokok fungsi mencapai ketuntasan belajar? 2) Apakah rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think-Pair- Share lebih baik dari pada pembelajaran ekpsositori pada materi pokok fungsi? 3) Apakah motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas IX SMP Bilingual Boarding School Semesta. Sebagai sampelnya adalah 23 siswa kelas IX A sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas IX B sebagai kelompok kontrol. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar dan motivasi belajar yang diperoleh dari test dan pengisian angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share mencapai 84,98 dan seluruhnya mencapai ketuntasan belajar, sedangkan rata-rata hasil belajar pada pembelajaran ekspositori sebesar 80,34 dan yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 91%. Secara klasikal diperoleh nilai Zhitung dari kelompok eksperimen sebesar 2,42 dan kelompok kontrol sebesar 1,67 yang keduanya melebihi Ztabel = 1,64, yang berarti bahwa secara klasikal hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil independent sample t-test diperoleh thitung = 3,013 dengan p value = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar pada pembelajaran think-pair-share lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar, terbukti dari hasil analisis regresi dengan model Y = 62,512 + 0,285X dan diuji kebermaknaannya menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 12,712 dengan p value = 0,002 < 0,05. Disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas IX di SMP Bilingual Boarding School Semesta dengan model pembelajaran Think-Pair-Share maupun pembelajaran ekpsositori pada materi pokok fungsi mencapai ketuntasan belajar. 2) Rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih baik dari pada pembelajaran ekpsositori pada materi pokok fungsi. 3) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think-pair-share, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 15:43
Last Modified: 12 May 2014 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item