MODEL LATIHAN PERMAINAN 4-1 MENGGUNAKAN DUA SENTUHAN DAN SATU SENTUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN GROUND PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SSB UNDIP SEMARANG KU-13 TAHUN 2013


Sukma Kusuma, 6301409068 (2013) MODEL LATIHAN PERMAINAN 4-1 MENGGUNAKAN DUA SENTUHAN DAN SATU SENTUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN GROUND PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SSB UNDIP SEMARANG KU-13 TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL LATIHAN PERMAINAN 4-1 MENGGUNAKAN DUA SENTUHAN DAN SATU SENTUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN GROUND PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SSB UNDIP SEMARANG KU-13 TAHUN 2013]
Preview
PDF (MODEL LATIHAN PERMAINAN 4-1 MENGGUNAKAN DUA SENTUHAN DAN SATU SENTUHAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN GROUND PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SSB UNDIP SEMARANG KU-13 TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh latihan permainan 4-1 menggunakan dua sentuhan terhadap hasil ground passing dalam permainan sepakbola? 2) Apakah ada pengaruh latihan permainan 4-1 menggunakan satu sentuhan terhadap hasil ground passing dalam permainan sepakbola? 3) Perbedaan latihan permainan 4-1 menggunakan dua sentuhan dan satu sentuhan terhadap hasil ground passing dalam permainan sepakbola. Populasi yang digunakan adalah siswa SSB Undip Kota Semarang KU-13 berjumlah 20 pemain. Adapun sampel untuk penelitian sebanyak 20 pemain yang diambil dengan teknik total sampling. Data diambil melalui pretest dan posttest. Kemudian data dianalisis menggunakan Matched Subject Design atau pola M-S. Variabel-variabel yang terkait dalam penelitian ini adalah Variabel bebas yang terdiri dari latihan permainan 4-1 menggunakan dua sentuhan dan permainan 4-1 menggunakan satu sentuhan serta variabel terikat yaitu kemampuan passing. Metode ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t test. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil uji t diperoleh t hitung< t tabel. Hal ini berarti : 1) Ada pengaruh latihan 4-1 menggunakan dua sentuhan terhadap kemampuan passing dalam permainan sepakbola sebesar 62,5%. 2) Ada pengaruh latihan 4-1 menggunakan satu sentuhan terhadap kemampuan ground passing dalam permainan sepakbola sebesar 13,7%. 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan latihan 4-1 menggunakan satu sentuhan dan dua sentuhan terhadap kemampuan ground passing dalam permainan sepakbola. Simpulan dalam penelitian ini adalah 1) Passing antara yang dilatih permainan 4-1 menggunakan dua sentuhan dan permainan 4-1 menggunakan satu sentuhan bisa digunakan dalam program latihan untuk meningkatkan kemampuan passing. 2) Hendaknya para pelatih sepakbola SSB Undip Kota Semarang KU-13 dan para pembaca dapat mengetahui bahwa tidak ada perbedaan kemampuan permainan 4-1 menggunakan dua sentuhan dan satu sentuhan dalam permainan sepakbola pada siswa SSB Undip Kota Semarang KU-13 tahun 2013. 3) Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembanding bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan 4-1, Dua Sentuhan dan Satu Sentuhan, Hasil Ground Passing
Subjects: L Education > L Education (General)
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 15:43
Last Modified: 12 May 2014 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item