KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Dwi Wahyuningsih, 4101409148 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat dan kemampuan pemahaman konsep siswa merupakan bagian terpenting dalam belajar matematika. Penggunaan model pembelajaran SFAE berbantuan CD interaktif dapat membantu siswa dengan mudah memahami konsep materi yang diberikan dan dengan adanya tayangan materi dari CD interaktif, penugasan untuk membuat peta konsep juga dapat memacu minat siswa terhadap aktivitas belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran SFAE berbantuan CD interaktif efektif terhadap minat dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan dengan: (1) hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model SFAE berbantuan CD interaktif mencapai kriteria ketuntasan klasikal; (2) kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model SFAE berbantuan CD interaktif lebih baik daripada dengan menggunakan model ekspositori; dan (3) minat siswa terhadap aktivitas belajar matematika dengan menggunakan model SFAE berbantuan CD interaktif lebih tinggi daripada dengan menggunakan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SFAE CD interaktif dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan model ekspositori. Pengambilan data diperoleh dengan metode angket skala sikap untuk mengetahui minat siswa dan metode tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil perhitungan data penelitian menunjukkan : (1) hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang ditunjukkan oleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining (SFAE), CD Interaktif, Minat, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:00
Last Modified: 16 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19088

Actions (login required)

View Item View Item