KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII


Nurlaili Tri Rahmawati, 4101409135 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa masih rendah. Upaya untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematik siswa adalah dengan pemilihan dan pelaksanaan model pembelajaran yang tepat oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model SSCS berbantuan kartu masalah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII dengan indikator yaitu kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan penerapan pembelajaran model SSCS berbantuan kartu masalah dapat mencapai kriteria ketuntasan, kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran model SSCS berbantuan kartu masalah lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru matematika SMP Negeri 2 Wiradesa dan tidak diterapkan model SSCS berbantuan kartu masalah. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan belajar individual dan mencapai ketuntasan belajar klasikal. Selain itu, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran model SSCS berbantuan kartu masalah lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran model SSCS berbantuan kartu masalah efektif diterapkan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa. Saran yang diberikan peneliti yaitu: (1) ketika pelaksanaan model pembelajaran SSCS berbantuan kartu masalah perlu diperhatikan keaktifan siswa; (2) perlu diadakan permainan singkat pada saat fase share agar siswa lebih semangat dalam menyelesaikan permasalahan dan agar pembelajaran menyenangkan; (3) ketika penyusunan RPP perlu dipertimbangkan lebih mendalam tentang pengalokasian waktu pembelajaran; (4) ketika akhir pembelajaran sebaiknya peneliti mengecek tugas yang dikerjakan siswa secara berkelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Kartu Masalah, Model SSCS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:00
Last Modified: 16 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19085

Actions (login required)

View Item View Item