STUDI PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LC-5E DAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X


Endang Sulastri, 4101409133 (2013) STUDI PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LC-5E DAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LC-5E DAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X]
Preview
PDF (STUDI PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LC-5E DAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika, masih banyak guru yang mengalami kesulitan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didiknya yang merupakan salah satu dari lima standar proses pembelajaran matematika menurut NCTM. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan beragam model pembelajaran kooperatif. Di antara model pembelajaran kooperatif tersebut adalah LC-5E dan CIRC. Dalam penelitian ini, keefektifan model pembelajaran LC-5E dibandingkan dengan model pembelajaran CIRC. Permasalahan penelitian ini adalah (1) apakah model pembelajaran LC-5E efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X? (2) apakah model pembelajaran CIRC efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X? dan (3) apakah terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran LC-5E dan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X? Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari sebelas kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster sapling dan terpilih kelas X.3 sebagai Kelompok Eksperimen 1 yang dikenai perlakuan model pembelajaran LC-5E, kelas X.2 sebagai Kelompok Eksperimen 2 yang dikenai perlakuan model pembelajaran CIRC, dan kelas X.1 sebagai Kelompok Kontrol yang dikenai model pembelajaran ekspositori. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran LC-5E efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X; (2) model pembelajaran CIRC efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X; dan (3) terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran LC-5E dan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X, di mana model pembelajaran LC-5E lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran CIRC. Saran dari penelitian ini adalah model LC-5E dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Pengelolaan kelas harus diperhatikan pada saat pembelajaran mebggunakan model pembelajaran LC-5E maupun CIRC, terlebih pada saat berdiskusi dan presentasi di depan kelas agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif LC-5E , pembelajaran CIRC, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:00
Last Modified: 16 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item