HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ATLET BOLABASKET PUTRA TIM PORPROV KOTA TEGAL TAHUN 2013


Muh. Choirul Umam, 6301409028 (2013) HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ATLET BOLABASKET PUTRA TIM PORPROV KOTA TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ATLET BOLABASKET PUTRA TIM PORPROV KOTA TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ATLET BOLABASKET PUTRA TIM PORPROV KOTA TEGAL TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesegaran Jasmani merupakan kebutuhan pokok bagi seseorang dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Kesegaran yang dimiliki seseorang akan memberikan pengaruh terhadap kinerja seseorang dan juga akan memberikan dukungan yang positif terhadap hasil kerja atau belajar. Kesegaran jasmani seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal diantaranya aktifitas fisik, lingkungan dan kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok menggangu kesehatan, kenyataan ini tidak bisa kita pungkiri. Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk dari merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan merokok dengan tingkat kesegaran jasmani pada atlet bola basket putra tim porprov kota Tegal tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet basket putra tim porprov kota Tegal tahun 2013 yang berjumlah 12 orang. Adapun sampel untuk penelitian sebanyak 12 pemain yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu angket untuk kebiasaan merokok dan TKJI untuk kesegaran jasmani, teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis distribusi persentase dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. kebiasaan merokok pada atlet basket putra tim porprov kota Tegal tahun 2013 pada tingkat yang masuk dalam kategori perokok berat dengan rata-rata skor 54,67 dan setelah didistribusikan ke dalam distribusi persentase sebesar 72,89 %, 2. tingkat kesegaran jasmani dengan skor rata-rata 11, masuk dalam kategori kurang, 3. ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan merokok dengan tingkat kesegaran jasmani dari dua variabel tersebut besarnya r = 0.936. Dengan demikian penulis menarik kesimpulan bahwa kebiasaan merokok atlet bola basket putra tim porprov kota tegal tahun 2013 berpengaruh terhadap kesegaran jasmani, dari kedua variabel tersebut ada hubungan yang signifikan. Penulis menyarankan agar atlet bola basket putra tim porprov kota tegal tahun 2013 dapat mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Merokok, Kesegaran Jasmani
Subjects: O Sport > Physical fitness
R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:00
Last Modified: 16 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item