MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013


Imanudien Setia Budi, 6301409027 (2013) MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013]
Preview
PDF (MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini seberapa motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang melandasi keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri se-Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang melandasi keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri se-Kota Pekalongan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan analisis deskriptif presentase Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri se-Kota Pekalongan. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa. Variabel yang diteliti adalah motivasi mengikuti ekstrakurikuler bola voli yang terbagi atas motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat diambil simpulan bahwa motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri Se-kota Pekalongan tergolong tinggi dengan presentase skor sebesar 69.56%. Dilihat dari jenis motivasinya menunjukan bahwa motivasi instrinsik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli lebih besar dari pada motivasi ekstrinsik. Rata-rata motivasi intrinsik sebesar 74.04% dalam kategori tinggi sedangkan motivasi ekstrinsik sebesar 58.53% dalam kategori rendah. Motivasi intrinsik siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang tergolong tinggi karena merupakan kebanggaan, keinginan untuk sehat, berprestasi, berhubungan dengan orang lain, mengembangkan bakat, meningkatkan keterampilan, kepuasan diri dan mengisi waktu luang, sedangkan motivasi ekstrinsik yang tergolong tinggi karena keinginan untuk mendapatkan penghargaan. Saran bagi para guru terutama guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat memberikan informasi atau pengetahuan tentang pentingnya olahraga. Pihak sekolah hendaknya lebih memberikan fasilitas-fasilitas sarana prasarana yang memadai serta memberikan penguatan berupa fasilitator kurikulum bagi siswa yang berprestasi atau membawa nama sekolah. Dengan penguatan tersebut diharapkan dapat lebih mendorong siswa untuk giat berlatih. Pihak keluarga, hendaknya lebih memberikan kesempatan kepada anak untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kepada siswa hendaknya lebih memperhatikan penjelasan guru dan mengikuti dengan serius latihan-latihan yang diajarkan guru atau pelatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Intrinsik, Ekstrinsik, Ekstrakurikuler Bola Voli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:03
Last Modified: 16 May 2014 10:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19081

Actions (login required)

View Item View Item