ANALISIS PENGGUNAAN ELENA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Sri Hariyo, 7101408128 (2013) ANALISIS PENGGUNAAN ELENA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGGUNAAN ELENA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS PENGGUNAAN ELENA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

E-Learning merupakan suatu media pembelajaran berbasis web. Di Universitas Negeri Semarang sedang dalam pengembangan media pembelajaran ini dengan nama Elena (E-Learning Universitas Negeri Semarang). Akan tetapi, media pembelajaran ini belum maksimal penggunaannya karena masih banyak mahasiswa belum mengetahui kegunaan dan cara menggunakan Elena. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Usefulness of Elena Ease of Use Elena terhadap Behavioral Intention to Use Elena secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 302 siswa yang terdiri dari 4 rombongan belajar, yaitu Pengantar Manajemen (1 rombel), Matematika Ekonomi (2 rombel) dan Ekonometrika (1 rombel). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 172 siswa. Variabel yang diteliti merupakan konstruk TAM yaitu usefulness of Elena dan ease of use Elena sebagai variabel bebas dan behavioral intention to use Elena sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif, uji statistik t dan uji statistik F. Hasil penelitian dari uji secara parsial menunjukan bahwa usefulness of Elena berpengaruh terhadap behavioral intention to use Elena sebesar 9.85% dengan tingkat signifikansi 0.000 dan ease of use Elena berpengaruh terhadap behavioral intention to use Elena sebesar 14.97% dengan tingkat signifikansi 0.000, sedangkan hasil secara simultan menunjukan bahwa usefulness of Elena dan ease of use Elena berpengaruh terhadap behavioral intention to use Elena sebesar 47.4% dengan tingkat signifikansi 0.000. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh antara usefulness of Elena dan ease of use Elena terhadap behavioral intention to use Elena baik secara simultan ataupun secara parsial, sehingga dalam rangka meningkatkan efektifitas belajar perlu adanya penambahan kapasitas upload, penambahan fitur layanan dan penambahan kapasitas pengguna Elena.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, TAM.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:06
Last Modified: 16 May 2014 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19074

Actions (login required)

View Item View Item