PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X SMK ANTONIUS SEMARANG


Aditya Budi Pratama, 7101408119 (2013) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X SMK ANTONIUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X SMK ANTONIUS SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X SMK ANTONIUS SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan selama periode tertentu, untuk mengetahui hasil belajar siswa guru perlu mengadakan evaluasi atas kemampuan siswa saat memahami materi yang telah disampaikan melalui hasil evaluasi tersebut, maka dapat dilihat hasil belajar yang diperoleh siswa, hasil belajar juga dipengaruhi beberapa faktor yang diantaranya adalah kompetensi profesional guru dan cara belajar. Berdasarkan hasil observasi awal ada indikasi bahwa hasil belajar siswa kelas X prodi AP SMK Antonius Semarang pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor masih kurang. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1)Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa? (2)Adakah pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa? (3)Adakah pengaruh kompetensi profesional guru dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa?(1)Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, (2)Pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa, (3)Pengaruh kompetensi profesional guru dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang berjumlah 48 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaanY = -0,691 + 0,511X1 + 0,607X2 + e. Secara parsial (uji t) variabel Kompetensi profesional guru (X1) diperoleh thitung= 4,925, sehingga H1 diterima. Variabel Cara belajar (X2) diperoleh thitung = 6.062, sehingga H2diterima.Uji F diperoleh Fhitung =29,953, sehingga H3 diterima.Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 55,2%. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi profesional guru dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Saran penelitian ini adalah diharapkan Guru pengampu kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor perlu lebih memperhatikan kemampuannya dalam penggunaan media/sumber dan teknologi yang ada dan berkembang saat ini karena siswa berpendapat bahwa guru masih lemah dalam hal tersebut dan Guru pengampu untuk lebih memperhatikan catatan siswa agar siswa bisa menjadikan catatan sebagai bahan acuan belajar di dalam maupun di luar sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Cara Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:04
Last Modified: 16 May 2014 10:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19073

Actions (login required)

View Item View Item