PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI SEGITIGA KELAS VII


Maulina Dwi Septiani, 4101409126 (2013) PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI SEGITIGA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI SEGITIGA KELAS VII]
Preview
PDF (PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI SEGITIGA KELAS VII)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa, terutama pada materi segitiga kelas VII, tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya keterampilan komunikasi matematika siswa dan kurangnya tanggung jawab siswa untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan scaffolding. Secara umum pembelajaran diterapkan melalui tiga tahapan kegiatan, yaitu: (1) pemberian tugas terstruktur; (2) penagihan dan pembahasan tugas terstruktur; dan (3) kegiatan pembelajaran di kelas dengan melakukan diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran tersebut pada materi pokok segitiga kelas VII dapat membentuk karakter tanggung jawab dan keterampilan komunikasi matematika siswa serta mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran tersebut dapat mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kolaboratif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sehingga terpilih lima siswa yang menempati ranking pertama, kuartil satu, kuartil dua, kuartil tiga, dan ranking terakhir dari tes pendahuluan. Variabel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu variabel independen berupa karakter tanggung jawab dan keterampilan komunikasi matematika serta variabel dependen berupa kemampuan komunikasi matematika. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis gain untuk mengukur peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter tanggung jawab dan keterampilan komunikasi matematika kelima subjek penelitian mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari peningkatan indeks gain. Indeks gain karakter tanggung jawab S-1, S-2, S-3, S-4, S-5 dari pertemuan I hingga V secara berturut-turut adalah 0,96; 0,83; 0,89; 0,71 dan 0,87. Sedangkan indeks gain keterampilan komunikasi matematika secara berturut-turut adalah 0,91; 0,74; 0,90; 0,76 dan 0,67. Hasil tes kemampuan komunikasi matematika kelima subjek penelitian juga telah mencapai KKM yang telah ditentukan. Nilai tes kemampuan komunikasi matematika secara berturut-turut adalah 98, 89, 91, 83, dan 80 Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem posing berbantuan scaffolding dapat membentuk karakter tanggung jawab dan keterampilan komunikasi matematika siswa serta diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Komunikasi Matematika, Problem Posing, Scaffolding
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:06
Last Modified: 16 May 2014 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19065

Actions (login required)

View Item View Item