ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA


Jati Wahyu Arisetiawan, 7101408096 (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA DIKLAT KEARSIPAN SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana anak didik atau siswa tidak dapat belajar secara wajar sebagai mana mestinya. Hal ini mungkin disebabkan adanya ancaman, hambatan ataupun gangguan dalam belajar. Hambatan-hambatan kesulitan belajar tersebut dapat berasal dari dalam diri siswa (intern) maupun dari luar siswa (ekstern). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dan seberapa besar kontribusi faktor-faktor tersebut terhadap kesulitan belajar pada mata diklat kearsipan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 2 Blora tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 79 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, jadi semua populasi dijadikan sebagai sampel yatiu 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Analisis ini untuk mereduksi data dari variabel yang banyak menjadi sedikit. Hasil analisis faktor menunjukkan terdapat 5 faktor baru yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 68,53% sedangkan sisanya sebesar 31,47 dipengaruhi faktor lain yang tidak ditentukan dalam model ini. Sumbangan atau kontribusi dari masing-masing faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah sebagai berikut: (a) minat, kebiasaan belajar, dan didikan orang tua memiliki kontribusi sebesar 25,792%, (b) faktor relasi dan contoh orang tua memiliki kontribusi sebesar 41,161%, (c) faktor relasi pertemanan dan disiplin sekolah memiliki kontribusi sebesar 10,235%, (d) faktor intelegensi, kesehatan, dan aktivitas dimasyarakat memiliki kontribusi sebesar 9,227%, dan (e) faktor tipe belajar siswa memiliki kontribusi sebesar 9,443%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang mempunyai kontribusi terbesar terhadap kesulitan belajar mata diklat kearsipan di SMK Negeri 2 Blora adalah minat, kebiasaan belajar, dan didikan orang tua yang memiliki kontribusi sebesar 25,792%, dan faktor yang berkontribusi terkecil adalah tipe belajar siswa yang memiliki kontribusi sebesar 9,443%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian antara lain adalah perlu adanya peningkatan pemahaman dari diri siswa mengenai kondisi kesehatannya, kesadaran akan tanggung jawabnya, perlunya perubahan pola belajar, dan pemahaman bagaimana menjalin relasi yang baik. Perlu adanya peningkatan kedisiplinan yang diterapkan sekolah, serta perhatian guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Faktor Intern, Faktor Ekstern
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:06
Last Modified: 16 May 2014 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19064

Actions (login required)

View Item View Item